Mukjizat Yesus memberikan hidup baru.

[su_dropcap]M[/su_dropcap]ukjizat Yesus memberikan hidup baru merupakan tanda nyata yang diperbuat-Nya di tengah dunia. Hal ini untuk mempertegas bahwa kehadiran-Nya di dunia adalah untuk menyelamatkan umat manusia. Memang ada sebagian orang yang menyatakan bahwa kehadiran Yesus hanya untuk bangsa Yahudi saja, dan bukan orang lain. Tentu saja konsep pemikiran ini salah. Allah telah menetapkan bahwa bangsa Yahudi telah dipilih sebagai bangsa dimulainya rencana keselamatan umat manusia setelah manusia jatuh di dalam dosa. Mengapa bangsa Yahudi dipilih oleh Allah? Itu merupakan kehendak Allah sendiri. Inilah sebuah ketetapan Allan sendiri. Kalau kita membaca kehidupan Abraham dan keturunannya, maka keturuan Issaclah yang dipilih oleh Allah, bukan keturunan Ismail yang melahirkan bangsa-bangsa Arab. Ismail memang diberkati oleh Allah menjadi bangsa yang besar, tetapi rencana keselamatan ini telah ditetapkan melalui Isaac sebagai anak-anak merdeka, bukan anak-anak perbudakan. Dari Isaaclah lahirlah bangsa Yahudi.

Kalau hari ini Yesus menyembuhkan seorang anak pegawai istana, maka itu berarti Kerajaan Allah sudah dekat. Mengapa demikian? Yesus sendiri berulangkali mengatakan bahwa kehadiran-Nya untuk membawa damai sejahtera untuk menuju rumah Bapa di dalam Kerajaan Surga.

Dalam peristiwa penyembuhan seorang anak pegawai istana ini, Yesus mengatakan dan sekaligus menegur banyak orang karena mukjizat-mukjizat yang telah diperbuat-Nya, maka mereka percaya.Oleh karena itu kedatangannya disambut dengan sukacita. Namun Yesus juga mengatakan:” Jika kamu tidak melihat tanda dan mukjizat kamu tidak percaya”. Maka berbahagialah orang yang tidak melihat namun percaya”.

Beriman kepada Yesus membutuhkan suatu proses. Tidak serta merta mengubah pola hidupnya langsung percaya. Rahmat TUhan akan bekerja pada seseorang yang mau mengimani-Nya. Pertama orang itu mau merendahkan diri serta membuka hatinya untuk menerima rahmat Tuhan. Orang yang sombong dan tertutup hatinya, maka sulit orang itu untuk menerima Yesus sebagai penyelamat-Nya. Tentang hal ini, Yesus juga sudah menegaskan bahwa orang tidak akan sampai kepada Bapa kalau tidak melalui Diri-Nya’ (Yoh 14:6).

Mukjizat Yesus memberikan hidup baru haru dimaknai bahwa kehadiran-Nya yang memberikan damai sejahtera secara rohani. Bisa jadi Yesus memberikan tanda yang fenomenal pada diri kita. Yesus melalui Sabda-Nya yang hidup memberika nafas kehidupan bagi orang yang percaya. Bukankah Yesus sendiri menyatakan:” Datanglah kalian yang letih lesu dan berbeban berat, karena Aku akan memberikan kelegaan kepadamu” (Mat 11:28). Artinya melalui sabda-Nya Yesus memberikan nilai hidup baru yang baik bagi setiap orang yang percaya. Kelegaan itu bisa bersifat jasmani mau pun rohani. Namun demikian, untuk sampai kepada Yesus membutuhakan kerjasama yang diawali dengan kerendahan hati dan mau bekerjasama dengan rahmat Tuhan. Dengan kata lain, tanpa campur tangan Tuhan, siapa saja tidak akan sampai kepada Yesus Tuhan.

Oleh karena itu, penyembuhan anak pegawai istana itu terjadi karena ia percaya bahwa Yesus punya kuasa untuk itu. Berkaitan dengan masa Prapaskah yang kini sedang kita jalani, maka sekali lagi bagaimana hidup kita harus rendah hati, karena dengan kerendahan hati itu adalah awal hidup yang berkenan di hati Tuhan. Apakah kita sudah belajar rendah hati? Andalah yang tahu.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘ Mukjizat Yesus memberikan hidup baru’, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.