Panggilan untuk melayani Tuhan.

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes 21:15-19 dengan tema:” panggilan untuk melayani Tuhan”. Ketika Yesus telah bangkit dari kematian dan menampakkan diri kepada para murid-Nya, Ia berkata kepada Simon Petrus:” Simon Anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka?”. Jawab Petrus kepada-Nya:” Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau” Pertanyaan Yesus itu diulangi sampai tiga kali, dan Petrus pun sangat sedih. Kita ingat bagaimana Petrus sempat menyangkal Yesus sampai tiga kali sebelum ayam berkokok dan menyatakan penyesalannya dan kesedihannya. Kini Yesus bertanya sampai tiga kali dengan pertanyaan yang sama yakni ‘apakah engkau mengasihi Aku’ dan perintah Yesus ‘gembalakanlah domba-domba-Ku” adalah suatu penegasan. Jawaban Petrus itu membawa konsekuensi tanggungjawab diembannya. Dalam perjumpaan-Nya dengan para murid-Nya, Yesus mengakhiri kata-kata-Nya:” Ikutlah Aku”.

Inspirasi bacaan Injil Yohanes hari ini antara lain ‘panggilan untuk melayani Tuhan’ sangat menonjol. Ketika Yesus berkata kepada Petrus, ‘apakah ia mengasihi lebih dari mereka dan perintah Yesus ‘gembalakanlah domba-domba-Ku’ , Yesus mau menegaskan bahwa jawaban Petrus itu membawa konsekuensi logis. Ia mengatakan kepada Yesus:” Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu!Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau”, kemudian Yesus mengatakan:” Gembalakanlah domba-domba-Ku”. Jawaban Petrus bahwa ia sungguh mengasihi Yesus secara sungguh-sungguh membawa tanggungjawab untuk menerima tugas dari Yesus yakni menggembalakan domba-domba-Nya. Setelah Yesus kembali kepada Bapa-Nya di surga, Yesus harus memikul tanggungjawab untuk meneruskan penggembalaan domba-domba-Nya agar tidak tercerai berai.

Panggilan untuk melayani Tuhan membawa tanggungjawab yang besar, sebagaimana dikatakan:” benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau lebih dari pada mereka”. Artinya kasih kepada Tuhan jauh lebih besar dari pada kasih kepada sesama. Dengan demikian, panggilan untuk melayani Tuhan tidak semata ditujukan kepada Petrus tetapi juga kepada setiap murid-Nya. Petrus adalah teladan dalam hidup ini. Walau sempat menyangkal Yesus, tetapi bertobat, sehingga relasi antara dirinya dengan Tuhan dipulihkan. Oleh karena itu Tuhan memberi tanggungjawab kepada kita semua untuk menerima panggilan Tuhan untuk melayani-Nya. Pelayanan Tuhan itu dapat diwujudkan melalui kepedulian kita kepada sesama. Yesus sendiri mengatakan:” Jikalau kamu berbuat sesuatu kepada salah seorang yang paling hina ini, kamu telah melakukan untuk Aku” ( Mat.25:40).Dan inilah salah satu bentuk panggilan untuk melayani Tuhan.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.