Dunia membenci mereka.

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari bacaan Yohanes 17:11b-19 dengan tema:” Dunia membenci mereka”. Bacaan Injil hari ini sama dengan bacaan Injil Yohanes pada hari Minggu. Tapi Kuasa Doa mau merenungkan Firman Tuhan ini dari sisi lain yakni ‘ dunia membenci mereka. Tentang ‘dunia membenci mereka’, Yesus menegaskan karena mereka milik Yesus yang juga menjadi milik Bapa. Oleh karena itu, Yesus memohon kepada Bapa-Nya agar para murid yang masih di dunia, mereka dipelihara dan disatu padukan. Yesus telah memelihara mereka, dan karena Ia harus kembali kepada Bapa, maka Ia mohon kepada Bapa-Nya untuk memelihara mereka.

Inspirasi dari bacaan Injil Yohanes hari ini antara lain agar Bapa memelihara para murid-Nya, karena mereka masih berada di dunia. Sementara itu dunia membenci mereka luar biasa. Mereka harus dipelihara, karena mereka telah dipersatukan dengan Yesus dan mereka telah memuliakan Nama-Nya. Mereka tidak lagi menjadi miliki dunia, oleh karena dunia membenci mereka. Sekiranya mereka milik dunia, pasti dunia tidak akan membenci mereka.

Oleh karena itu dalam doa-Nya Yesus meminta kepada Bapa-Nya agar mereka selain dijauhkan dari kejahatan, juga dikuduskan di dalam kebenaran. Karena tanpa hidup benar, dan tanpa kekudusan, mereka tidak akan memasuki Kerajaan Allah, sehingga mereka mengalami damai sukacita dalam terang Roh Kudus.

Tentang ‘dunia membenci mereka’, bukannya saat Yesus masih di dunia ini, tetapi sekarang pun ‘dunia masih membenci mereka’. Oleh karena itu doa Yesus kepada Bapa-Nya untuk memelihara mereka adalah kebenaran Firman, karena tanpa campur tangan Bapa-Nya maka para murid-Nya akan tercerai berai bagaikan domba yang kehilangan gembalanya. Dengan demikian, Roh Kudus yang juga merupakan Roh Kebenaran akan diutus-Nya untuk menjagai mereka dengan menginsafkan mereka akan dosa, kebenaran dan penghakiman.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.