Perjumpaan yang menggembirakan.

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes 16:20-23a dengan tema:”Perjumpaan yang menggembirakan”. Dalam amanat perpisahan-Nya dengan para murid-Nya, Yesus berkata:” Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berduka, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. Tentang hal ini Yesus memberikan perumpamaan seorang perempuan yang akan melahirkan anaknya. Tetapi sesudah melahirkan seorang manusia, betapa sukacitanya. Demikian juga kamu sekarang kamu diliputi dukacita, tetapi ‘Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira’. Inilah perikop Injil Yohanes hari.

Kehadiran Tuhan dalam Sakramen Mahakudus
Inspirasi dari bacaan Injil Yohanes hari ini antara lain tentang ‘perjumpaan yang menggembirakan’. Yesus akan berpisah dengan para murid-Nya, dan tentu saja perpisahan ini akan membawa duka bagi yang ditinggalkannya. Tetapi Yesus berjanji akan melihat lagi mereka, artinya Yesus akan bertemu lagi dengan mereka tidak di dunia ini tentunya, tetapi di dalam Kerajaan Allah. Namun demikian, Yesus akan mengutus Sang Penolong yakni Roh Kudus yang akan menjadi ‘saksi’ apa yang telah dikerjakan Yesus bersama-sama mereka di dunia. Roh Kudus ini yang akan menginsafkan akan mereka tentang ‘dosa, kebenaran dan penghakiman’. Dan janji Yesus ini ditepati dengan mencurahkan Roh Kudus kepada murid-Nya sehingga mereka berani menjadi saksi tentang ajaran Yesus.

Tentang ‘perjumpaan yang menggembirakan’ tentu saja bermakna ganda. Dalam peziarahaan di dunia, apakah kita pernah merasakan bertemu dengan Tuhan? Kapan Anda pernah merasakan bertemu dengan Tuhan? Kapan dan di mana? Bagaimana perasaan Anda bertemu dengan Tuhan? Iman kita mengatakan bahwa kita bertemu dan bersatu dengan Tuhan kalau kita menerima Komuni Kudus. Karena saat itulah Anda bersatu dengan Yesus. Kalau Anda menghayatinya, maka Anda pun akan mengalami damai sukacita. Itulah perjumpaan yang menggembirakan bersama Tuhan. Kapan lagi kita bertemu dengan Tuhan? Sewaktu kita beradorasi, ini juga suatu ‘perjumpaan yang menggembirakan’, karena dalam adorasi, di mana Yesus ditahtakan dalam Sakramen Mahakudus, Yesus pun hadir. It is real presence of Jesus Christ. Apakah kita sungguh mengimani?

Demikianlah sedikit renungan singkat Kuasa Doa hari ini tentang ‘perjumpaan yang menggembirakan’, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.