Pewartaan keselamatan.

Pada hari Raya Kenaikan Yesus Tuhan hari ini, Kuasa Doa mencoba menyajikan renungan singkat yang diambil dari Injil Markus 16:15-20, yang bertemakan:” Pewartaan keselamatan”. Injil Markus mengisahkan tentang kebangkitan Kristus dan menampakkan kepada 11 murid-Nya dengan mengatakan:” Pergilah ke seluruh dunia, beritakan Injil ke segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi Nama-Ku; mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa baru bagi mereka; mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh”. Itulah beberapa pesan Yesus kepada para murid-Nya sebelum Ia terangkat ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah.

Yesus Tuhan naik ke surga
Inspirasi bacaan Injil Yohanes hari ini yang bertemakan:” pewartaan keselamatan” merupakan pesan Yesus sebelum terangkat ke surga. Pesan ini disampaikan kepada para murid-Nya dan sekarang kepada Gereja-Nya agar terus mewartakan keselamatan kepada segala makhluk. Pewartaan keselamatan di sini ditujukan kepada segala makluk artinya tidak semata-mata kepada manusia, tetapi segala makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuh-tumbuh termasuk juga makluk-makluk lain yang kelihatan mau pun yang tidak kelihatan.

Warta keselamatan harus terus disampaikan dan tidak boleh berhenti, karena kehadiran Yesus Tuhan di dunia adalah untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan maut. Setelah Kristus duduk di sebelah kanan Allah, Yesus mengutus Roh-Nya yang kudus kepada para murid dan Gereja-Nya untuk menyelamatkan dunia. Dengan kenaikan Kristus ke surga, maka Roh Kuduslah yang bekerja, yang menyadarkan manusia akan dosa, kebenaran dan kebangkitan. Roh Kuduslah yang berkarya kepada Gereja-Nya yang satu, kudus, katolik dan apostolik. Karena tanpa pendampingan Yesus melalui Roh Kudus, Gereja-Nya pasti lemah dan barangkali sudah hancur. Yesus sendiri sudah menegaskan bahwa Yesus akan menyertai Gereja-Nya sampai akhir jaman. Inilah sumber kekuatan Gereja melalui janji Yesus dan Roh Kudus sebagai Roh Kebenaran yang mendampinginya sampai akhir zaman.

Yesus sudah menegaskan bahwa Ia harus pergi kepada Bapa, dan menyediakan banyak tempat untuk kita, dan akan mengutus Penghibur yakni Roh Kudus, Roh Kebenaran yang terus akan mendampingi Gereja-Nya sampai akhir jaman. Oleh karena pewartaan keselamatan harus disampaikan kepada dunia dan kita ada saksi-saksinya.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.