Roh Kudus adalah Roh Kebenaran.

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari bacaan Injil Yohanes 16:12-15 dengan tema: ” Roh Kudus adalah Roh Kebenaran”. Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya:” Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu tidak dapat menanggungnya. Tetapi apabila Dia datang, yaitu Roh Kebenaran; Ia tidak berkata-kata dari-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya, itulah yang akan dikatakan-Nya, dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah kepunyaan-Ku, sebab itu Aku berkata:” Ia akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima dari pada-Ku” Itulah kutipan Injil Yohanes hari ini.

Inspirasi dari bacaan Injil Yohanes hari ini antara lain bahwa Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yang memimpin manusia kepada kebenaran Allah sebab Ia tidak mengatakan tentang diri=Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya dari Allah. Segala sesuatu itu berkaitan dengan penyingkapan tentang yang datang dan semua itu berkenaan dengan rencana penyelamatan Allah dalam Diri Yesus Kristus. Roh Kudus adalah nafas Yesus. Dengan demikian, misi Roh Kudus adalah membawa kepada Yesus Kristus. Sebab pernyataan kebenaran Allah yang tertinggi berada di dalam Dia. Oleh sebab itu, sekarang menjadi jelaslah persatuan yang tak terpisahkan dari Allah Bapa, Putera-Nya Yesus Kristus dan Roh Kudus sebagai Allah Tritunggal Mahakudus.

Dengan demikian, kita semakin terpanggil untuk mewartakan kebenaran tentang Allah dalam persatuan dengan Roh Kudus, Roh Kebenaran yang akan membawa kita kepada Allah melalui Yesus Kristus. Setiap kali berbicara tentang Allah, maka ketiganya akan muncul di dalam diri kita.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.