Roh Kebenaran memberikan pencerahan.

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari bacaan Injil Yohanes 16:5-11 dengan tema:” Hadirnya Roh Kebenaran”. Dalam bacaan Injil Yohanes ini, Ia menyatakan bahwa Ia akan pergi kepada Bapa yang telah mengutus-Nya. Tentu saja kesan yang mendalam dalam hati para murid-Nya adalah kedukaan, karena mereka harus berpisah dengan Guru Agung yang selama ini hidup bersama-Nya. Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus menegaskan:” Adalah lebih berguna bagi kamu, kalau Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur tidak akan datang kepadamu. Jika Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan sekiranya Di datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum”.

Inspirasi dari bacaan Injil Yohanes hari ini dengan tema “Roh kebenaran” sangatlah menguatkan hidup iman kita. Mengapa? Roh Kudus, Roh Kebenaran datang untuk meneruskan karya keselamatan-Nya.Roh Kudus sebagai Roh Kebenaran itulah yang membawa pencerahan tentang dosa, kebenaran dan penghakiman. Dengan penerangan Roh Kudus, orang beriman akan disadarkan untuk berbalik dari dosa-dosanya sehingga ia bisa menerima kebenaran dari Allah serta diselamatkan melalui penghakiman yang akan diberlakukan untuk semua orang. Kebenaran yang mau ditunjukkan oleh Yesus tidak lain adalah kepergian-Nya kepada Bapa-Nya. Meskipun tidak melihat Yesus secara visual, orang beriman akan tetap bisa kembali kepada Bapa berkat bimbingan Roh Kudus.

Beriman kepada Yesus berarti percaya kepada Bapa yang mengutus-Nya. Keselamatan yang berasal dari Bapa, Sang Pencipta, makin bisa dimengerti oleh manusia karena Yesus datang ke dunia menjadi manusia agar dapat berkomunikasi dengan manusia. Rencana keselamatan Allah hanya mungkin dipahami karena inkarnasi Allah dalam diri Yesus Kristus. Oleh karena itu melalui Yesus dan dengan perantaraan Yesus, manusia bisa diselamatkan, Ketika Yesus kembali kepada Bapa, karya keselamatan itu diteruskan oleh Roh Kudus sepanjang sejarah manusia, yang di dalam Gereja-Nya terus dilaksanakan dan diperbaharui. Berkat Roh Kudus yang membimbing umat beriman itu pula, karya keselamatan semakin tersebar ke seluruh dunia dan dialami oleh banyak orang.

Itulah peran Roh Kudus, Roh Kebenaran yang hingga saat ini terus berkarya melalui Gereja-Nya yang satu, kudus, katolik dan apostolik.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.