Roh Kudus akan bersaksi tentang Kristus.

Renungan Kuasa Doa hari ini masih diambil dari bacaan Injil Yohanes 15:26-16:4a dengan tema:” Roh Kudus akan bersaksi tentang Yesus”. Dalam amanat perpisahan-Nya dengan para murid-Nya Yesus berkata kepada para murid-Nya, kata-Nya:”Jikalau penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kudus yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi juga kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama Aku. Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku”. Kemudian Yesus menambahkan:” Kamu akan dikucilkan; bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka berbuat demikian, karena tidak mengenal baik Bapa mau pun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat bahwa Aku telah mengatakan kepadamu”.

Inspirasi dari bacaan Injil Yohanes ini bertemakan ” Roh Kudus akan bersaksi tentang Yesus”. Yesus menjanjikan datangnya Penghibur yaitu Roh Kudus sekaligus Roh Kebenaran yang akan bersaksi tentang Yesus. Roh Kudus, Roh Penghibur inilah yang menjadi sumber kekuatan para murid-Nya termasuk Gereja-Nya yang masih berziarah ini. Dengan Roh Kudus, mereka dimampukan untuk bersaksi tentang kebenaran dalam diri Yesus. Mengapa hal ini perlu? Para murid juga akan mengalami penderitaan seperti Gurunya. Bahkan mereka juga akan dibenci dan bahkan akan dibunuh. Bahkan yang membunuh itu menyangka bahwa ia berbuat bakti kepada Allah. Menurut Yesus semuanya ini terjadi karena mereka tidak mengenal baik Bapa mau pun Aku. Yesus juga berpesan kepada mereka kalau ini semuanya ini terjadi, hal ini pernah disampaikan oleh Yesus 2000 tahun yang lalu.

Sebagai pengikut Kristus, kita pun juga mengalami nasib yang sama seperti Kristus. Penolakan mereka yang nyata misalnya tidak boleh mendirikan Gereja, tidak boleh beribadah di tempat tertentu, dan semuanya ini masih kita saksikan sampai saat ini dan bahkan penolakan terhadap Yesus saat ini makin besar. Oleh karena itu, mari kita mohon kepada Tuhan akan mencurahkan Roh-Nya kudus, Roh Kebenaran, yang makin memampukan kita menjadi saksi kebenaran tentang Yesus. Hanya kepada-Nya adalah sukacita dan damai sejahtera.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.