Mengenal Yesus lebih dalam

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes 14:7-14, dengan tema “Mengenal Yesus lebih dalam”. Injil Yohanes hari ini menegaskan kembali tentang siapa Dia dalam amanat perpisahan-Nya dengan para murid-Nya. Yesus menegaskan kembali kepada para murid-Nya agar mereka percaya kepada-Nya. Yesus hari ini menjawab keraguan Filipus tentang diri-Nya, walau Filipus telah sekian lama bersama dengan Yesus, namun dia masih ragu atau masih belum mengerti siapa Gurunya itu.

Injil Yohanes menegaskan kepada kita bahwa ‘barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa-Ku. Aku di dalam bapa dan Bapa di dalam Aku. Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku, atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Aku akan pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam Nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam Nama-Ku, Aku akan melakukannya”. Itulah beberapa point yang ditegaskan Yesus kepada para murid-Nya dan tentu juga diberikan kepada kita.

Inspirasi dari Injil Yohanes hari ini menegaskan tentang siapa sosok Yesus itu kepada kita. Sebagai umat beriman, kita tidak beda jauh dengan Filipus. Kita sudah membaca, dan berdoa memohon kepada-Nya, dan sejatinya kita tidak tahu apa-apa tentang Yesus. Jika demikian kita sama dengan pikiran serta perasaan Filipus. Hal ini perlu ditegaskan supaya kita benar-benar mengenal Yesus dengan jelas siapa sebenarnya sosok Yesus itu.

Dalam hidup sehari-hari, pasti kita pernah menghadapi pertanyaan-pertanyaan sekitar Yesus. Apa benar Yesus itu Tuhan? Apa ada tertulis dalam Kitab Suci Yesus pernah berkata :”Akulah Tuhan dan sembahlah Aku”. Dan banyak pertanyaan lain yang mungkin akan menghancurkan iman kita karena kita tidak siap menjawab pertanyaan itu. Ditambah lagi kita tidak pernah membaca Kitab Suci. Barangkali kita memiliki Kitab Suci, tapi hampir tidak pernah disentuh karena dianggap suci. Jawaban Yesus atas pertanyaan murid-Nya yakni Filipus makin membuka mata kita bahwa Yesus dan Allah sebagai Bapa-Nya adalah satu. Oleh karena itu sekiranya kita berbicara tentang Allah, pandanglah pekerjaan-pekerjaan Yesus. Yesus selalu berbicara yang ekskatologis atau tentang hidup yang masa akan datang setelah kematian kita, atau bahkan Yesus berbicara tentang ‘parousia’ atau kedatangan-Nya kembali.

Oleh karena itu sebagai umat beriman, marilah kita terus belajar untuk mengenal Yesus lebih dalam agar kita makin mengerti dan makin lebih dekat kepada-Nya. Karena dengan itu, kita sungguh makin mencintai Yesus dengan seluruh aspek kehidupan-Nya.

Bagaimana Anda?

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.