Pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu.

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Matius 5:20-26 dengan thema:” Pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu”. Mengapa di sini ditekankan makna perdamaian?

Melalui Injil Matius ini, Yesus mengajak kita agar praktek hidup keagamaan kita lebih baik dari para orang Farisi dan ahli Taurat. Mereka ini bertindak pada hukum keadilan manusia seperti saling membalas, gigi ganti gigi, membenci musuh dan mengasihi saudara.

Yesus berharap agar hidup keagamaan kita jauh lebih baik karena lebih berdasarkan semangat kasih Tuhan. Siapa pun yang marah kepada saudaranya, dan kalau kita sedang mempersembahkan kurban dan belum berdamai dengan saudara kita, kita diminta untuk berdamai lebih dahulu. Dengan kata lain, tidaklah pantas kita menghadap Tuhan, namun dalam hati kita masih tertanam kebencian atau rasa dendam kepada sesama kita. Oleh karena itu, hidup keagamaan harus jauh lebih baik dari pada orang lain yang lebih suka menaati hukum-hukum duniawi. Perintah Tuhan harus diprioritaskan agar kita memiliki damai sejahtera di dalam hidup kita.

Hidup damai itu bukan pada tingkat banyaknya materi, tetapi harus di dalam bathin kita. Orang yang memiliki banyak materi serta kelimpahan harta belum tentu ia mengalami kedamaian yang sejati. Jadi rekonsiliasi menjadi makna penting dalam hidup ini agar kita dapat memasuki damai sejahtera secara batiniah di dalam hidup ini.

Dalam masa Prapaskah ini, ada baiknya kita berani merobek hati kita dan bukan merobek pakaian kita untuk bertobat. Mengutip pernyataan nabi Yehezkiel (Yez 18:21-28):” Jikalau orang fasik bertobat dari segala dosa yang dilakukannya dan berpegang pada segala ketetapan-Ku serta melakukan keadilan dan kebenaran, ia pasti hidup, dan ia tidak akan mati. Segala durhaka yang dibuatnya tidak akan diingat-ingat lagi, ia akan hidup karena kebenaran yang dilakukannya”. Jika sebaliknya, maka mereka pasti akan dihukum.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.