Awaslah ragi orang Farisi dan ragi Herodes.

Injil Markus (Mrk 8:14-21) hari ini mengisahkan tentang peringatan Yesus atas ragi orang Farisi dan ragi Herodes. Mengapa Yesus berkata demikia? Yesus dengan tegas menegur banyak orang agar tidak seperti kelakuan orang Farisi dan Herodes.

Ragi orang Farisi adalah kemunafikan dan tipu daya manusia. Mereka berpenampilan baik, tetapi hatinya penuh dengan kedegilan serta kejahatan yang merajalela. Dalam kejadian sehari-hari, ragi orang Farisi dan raja Herodes sangat berkembang subur. Mereka punya mata tetapi tidak melihat, dan mereka punya telinga tetapi tidak mendengar. Dengan kata lain, mereka tidak mempunyai hati nurani sebagai pelita hati hidupnya.

Banyaknya kejahatan dewasa ini karena orang tidak bisa membedakan apakah ia dipimpin oleh roh yang baik atau roh yang jahat. Discernment atau discretio adalah sarana dari Tuhan yang dapat dipakai untuk mengetahui apakah hidup kita dipimpin oleh roh yang baik dan roh yang jahat. Bagaimana mengetahui bahwa seorang itu dipimpin roh yang baik atau roh yang jahat?. Untuk mengetahui hal ini, maka kita lihat hasilnya. Jika seorang itu mengalami damai sejahtera dan sukacita, maka orang itu pastinya telah dipimpin oleh roh yang baik. Sementara orang yang dipimpin oleh roh yang jahat, orang itu tidak akan mengalami damai sejahtera dan sukacitanya. Oleh karena itu, bertanyalah kepada diri sendiri apakah saya dipimpin oleh roh yang baik atau roh yang jahat.

Ragi orang Farisi dan ragi raja Herodes menurut Yesus sangat menyesatkan. Banyak orang melihat Yesus sebagai ancaman terhadap kewibawaan orang Farisi dan raja Herodes. Kepopuleran Yesus mengancam kewibawaan orang Farisi dan ahli Taurat karena selama ini masyarakat banyak sangat mendengarkan mereka. Kehadiran Yesus merupakan sebuah ancaman atas kewibawaan mereka. Dengan demikian, Yesus harus disingkirkan.

Bagaimana menurut pendapat anda tentang ragi orang Farisi dan ragi Herodes? Andalah yang mengetahuinya.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.