Belas kasihan Yesus kepada orang banyak.

Indahnya hari ini, kita secara khusus merayakan Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day) yang diperingati di seluruh dunia, walau tidaK sedikit orang yang menolak hari kasih sayang orang kafir ini. Kita tidak usah berpikir negatif kepada mereka, karena sebenarnya Tuhan mau datang kepada kita karena belas kasih-Nya.

Hari ini bacaan Injil Markus (Mrk 8:1-10)Yesus memberi makan kepada sekitar 4000 orang karena tergerak oleh belas kasih Tuhan. Bagi yang mengimani bahwa Yesus sebagai Juru Selamat, ia akan memperoleh belas kasih Allah. Belas kasih Allah itu dapat diwujudkan dalam karya amal kasih atau dalam bentuk tindakan nyata.

Adalah St. Valentinus yang hidup pada abad ke-3 menjadi martir pada tanggal 14 Februari. Pada tanggal 14 Februari, di kota Roma ada sebuah tradisi di mana para laki-laki menarik undian dari sebuah wadah yang besar, yang berisi nama para wanita yang akan menjadi pasangan mereka dalam berbagai bentuk perayaan pada tanggal tersebut, untuk menghormati dewi cinta Romawi yang bernama Februata Juno. Pada masa itu beberapa Iman Katolik mengutuk dan kebiasaan tersebut karena apa yang mereka lakukan tersebut tentu saja dalam bentuk penyembahan berhala. Salah satu Imam Katolik yang terlibat dalam hal ini adalah St. Valentinus.

Pada masa itu pula, Bangsa Romawi terlibat dalam banyak peperangan, sehingga Kaisar Klaudisius menarik banyak pria-pria Romawi untuk bergabung ke dalam medan pertempuran. Banyak dari pria-pria ini tidak mau meninggalkan kekasih yang mereka cintai. Hal ini membuat Kekaisaran Romawi sulit untuk merekrut tentara.

Kaisar Klaudius pun akhirnya murka dan memerintahkan ke seluruh daerah bahwa tidak boleh ada lagi upacara pernikahan. Sehingga ada seorang Imam yang bernama St. Valentinus yang merasa kasihan kepada pasangan-pasangan yang dipaksa untuk berpisah. Hingga di suatu hari, St. Valentinus dengan diam-diam menyatukan sebuah pasangan dalam suatu janji suci perkawinan. Dan segera terjadi banyak pernikahan di Roma seolah-olah dekrit kaisar di atas tidak pernah dikeluarkan. Dan akhirnya berita ini sampai ke telinga otoritas romawi. St. Valentinus pun lalu dijatuhi hukuman mati. Ia dipenjara, dipukul beramai-ramai, kemudian dilempari batu lalu dipenggal di Via Flaminian.

Penyatuan Tuhan antara dua orang kekasih adalah juga karena belas kasih Tuhan agar kita saling menyayangi satu sama lain.

Bersamaan dengan inspirasi Injil Markus hari ini, dan sekaligus perayaan Hari Kasih Sayang ‘Valentine’s Day’, bukanlah hal yang kebetulan, karena pada dasarnya hari kasih sayang itu harus kita sampaikan kepada banyak orang, karena hakekatnya Tuhan itu adalah kasih. Valentine’s Day hanya simbolisme saja, karena hari kasih sayang itu harus kita rayakan setiap nafas hidup kita.

Demikian refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.