Tanda kuasa Yesus yang menyelamatkan”.

Sesuai dengan kalender liturgi Gereja hari ini, maka bacaan Injil Markus 5:21-43 memberikan inspirasi tentang “Tanda kuasa Yesus yang menyelamatkan”. Bacaan Injil Markus hari mengisahkan dua hal yakni “penyembuhan puteri Yairus kepala rumah ibadat yang sakit keras dan hampir mati’, kedua, ‘penyembuhan wanita yang mengalami pendarahan selama 12 tahun”.

Inspirasi batin dari bacaan Injil Markus hari ini antara lain suatu pesan” Jangan takut, percaya saja ” (Mark 5:36). Kita diundang untuk menyaksikan sabda dan sentuhan Yesus yang menyembuhkan. Karena percaya, maka puteri Yairus sembuh dan wanita yang percaya akan kuasa Yesus yang menyembuhkan, maka terjadilah keajaiban (miracle) yang luar biasa. Seperti Yairus dan si wanita, kita didesak untuk mendekati Yesus dengan penuh kepercayaan dan kesungguhan demi orang sakit dan yang meninggal.

Secara manusiawi,Yesus mempunyai kuasa lebih dari pada semua tabib pada zaman-Nya (Ia menyembuhkan seorang wanita yang telah menghabiskan banyak uang dan 12 tahun pergi dari satu tabib ke tabib, yang gagal menolongnya. Secara manusiawi pula, selain Yesus mempunyai kuasa Ilahi, Ia juga sebagai sosok yang penuh belas kasih dan mudah didekati. Ia tidak membuat jarak dengan orang yang berada di sekelilingnya.

Dengan kata lain, Yesus tidak hanya mempunyai kuasa menyembuhkan, tapi juga kuasa untuk membangkitkan orang mati. Pembangkitan puteri Yairus merupakan tanda kuasa Yesus yang menyelamatkan sekaligus tanda yang mengalahkan kebinasaan (maut).

Tanda kuasa Yesus yang menyelamatkan seharusnya juga menjadi bagi setiap orang yang percaya untuk terus mencari dan mendekati Yesus agar kuasa-kuasa yang menyembuhkan itu mengalir dalam hidup kita. Dengan demikian, maka hidup kita selalu akrab dengan Dia yang menyelamatkan.

Demikian refleksi Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.