Syarat Menjadi Murid Yesus.

Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Lukas 14:25-35 dengan thema:” syarat menjadi murid Yesus”. Melalui Injil Lukas hari ini,Yesus berbicara tentang syarat-syarat menjadi murid-Nya. Kisah mengenai undangan ke perjamuan oleh dikaitkan dengan ucapan lain yang mengungkapkan kesungguhan menjadi murid Yesus. Panggilan untuk mengikuti Yesus tidak dapat ditangggapi setengah-setengah.

Jika Yesus berbicara tentang pemisahan keluarga seperti para murid-Nya harus membenci ayah, ibu dan keluarga, jangan diartikan secara harafiah. Maksud dari ungkapan ini adalah untuk menekankan bahwa siapa pun yang menghalangi komitmen total kepada Yesus, bahkan keluarga yang paling dekat harus ditinggalkan.

Menjadi murid Yesus adalah panggilan yang menuntut segalanya. Ini harus diterima dengan kematangan kebebasan. Untuk itu, menjadi murid Yesus yang tangguh harus dipikirkan masak-masak, sebagaimana Yesus katakan:”seorang pembangun , yang bijak tidak akan memulai proyeknya tanpa menghitung kemampuan untuk menyelesaikannya. Hanya seorang yang tidak waras akan pergi berperang tanpa memperhitungkan untung ruginya.

Hal penting untuk menjadi murid bahwa meninggalkan segalanya merupakan pokok permuridan. Jika seorang murid Yesus mulai menarik sesuatu bagi dirinya, maka permuridan menjadi cacat. Jika membaca Injil Lukas hari ini seolah Yesus sangat provokatif, bagaimana seorang anak harus membenci keluarga dekatnya, bukankah Yesus meminta kepada pendengar-Nya harus menghormati ayah dan ibunya.

Mengasihi , apalagi menjadi murid Kristus, harus tegas, tanpa harus menyingkirkan kasih-kasih yang lain. Mengikuti Kristus harus pandai-pandai dan harus berkualitas, sebab dalam Kristuslah terdapat landasan setiap kasih yang murni. Yesus tidak akan mengecewakan apalagi menipu siapa pun. Ia ingin memberikan segalanya dan dalam kenyataannya, Yesus telah memberikan segalanya. Ia telah memberikan keteladanan hidup kepada siapa pun yang percaya kepada-Nya.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.