Tuhan, Tolonglah Aku.

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari bacaan Injil Matius 14:22-36 dengan thema:” Tuhan. tolong aku “. Hari ini  Injil Matius antara lain berkisah tentang Yesus yang berjalan di atas air, setelah Ia berdoa sendirian, dan ingin menyusul para murid-Nya yang sedang berlayar di tengah danau. Ketika para murid menyaksikan Yesus datang, pikiran mereka terganggu dengan berseru:” Itu hantu” , sehingga berteriak ketakutan. Namun Yesus segera berkata:” Tenanglah! Aku ini, jangan takut!”. Lalu Petrus berseru kepada Yesus dengan mengatakan:” Tuhan, apabila itu Engkau, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air”. Yesus pun berkarta:” Datanglah!”. Petrus pun berjalan di atas air, tiba-tiba datanglah tiupan angin kencang, takutlah ia dan mulai tenggelam sambil berteriak:”: Tuhan, tolonglah aku!”. Yesus pun datang menolongnya sambil berkata:” Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?” Lalu mereka naik perahu dan angin pun redalah. Sesudah itu orang-orang yang berada di perahu menyembah Dia, katanya:” Sesungguhnya Engkau Anak Allah”. Setelah sampai di darat, Yesus pun membuat mukjizat dan menyembuhkan banyak orang.

Sesuai thema Kuasa Doa hari ini adalah “Tuhan, tolonglah aku”, yang merupakan seruan doa Petrus yang memohon pertolongan kepada Yesus karena ia mau tenggelam. Ketika mereka berlayar, maka dihantamlah perahu mereka oleh angin ribut. Dalam kegalauan dan kekhawatirannya, maka Tuhan yang hadir pun tidak kelihatan, karena hatinya tertutup oleh kekhawatiran. Tuhan yang begitu dekat, tidak nampak lagi. Teriakan minta tolong sebagaimana digambarkan oleh Petrus mengindikasikan bahwa dalam kesesakan yang sangat mendesak, tiada orang lain selain meminta pertolongan kepaa Tuhan. Yesus Tuhan mmeminta kepada kita semua agar tidak bimbang dan ragu dalam memohon pertolongan kepada Yesus. Yesus akan mengabulkan permohonan kita sekiranya dengan iman kita tidak ragu-ragu akan pertolongan-Nya.

Akhirnya krisis kepercayaan berakhir pada pengakuan para murid bahwa Yesus adalah benar-benar Anak Allah. Hari ini Gereja merayakan pesta St. Yohanes Maria Vianney. Karakter pribaadinya bersahaja, dan bahkan mengandalkan hidup rohani dengan mengandalkan kepada kehendak Allah, dan selalu memberikan hidupnya dengan mendengarkan umatnya. Dia memiliki kepercayaan bahwa Tuhan akan mengubah hati umat-Nya. Paroki tempat bertugas selalu dipenuhi dengan umat yang mencari Tuhan melalui perjumpaan dengan St. Yohanes Maria Vianney.

Tentu saja mengandalkan Yesus sebagai jalan hidup dan menimba kekuatan dari-Nya adalah hal yang sangat baik. Mengikuti keteladanan orang kudus seperti St, Yohanes Maria Vianney adalah keteladanan yang harus dicontoh.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

23 thoughts on “Tuhan, Tolonglah Aku.

  1. Tolong doakan agar istri sy terlepas dari kepahitan, anak sy tdk menjadi sasaran kepahitan ibunya, sy bs berkumpul dlm satu rumah dlm waktu lama dengan anak istri sy, yang sejak nikah kami sdh terpisah krn sy kerja si lain kota dan provinsi. Uang sy yang dipakai modal orang lain, dikembalikan.

    1. Sdr. Fransisca S. W,

      Setiap orang punya masalah. Tentu masalah itu tidak cukup hanya berdoa saja, tetapi juga dengan usaha. Istilah iman tanpa perbuatan, itu pada dasarnya mati. Dengan kata lain doa itu perlu dan harus, tetapi juga diimbangi dengan jalan (perbuatan) kita. Saya yakin Tuhan akan bantu kita pada waktunya. Salam dan hormat dari redaksi.

    1. Sdr. Juli Heriyani Purba,

      Terimakasih Anda mau mampir di media ini. Setiap orang hidup punya masalah. Kalau orang itu tidak punya masalah, malah diragukan. Masalahnya bagaimana kita memberikan solusi terhadap masalah itu. Masalah berat atau ringan harus kita selesaikan. nah, terkadang kita gelap atau gagal dalam menyelesaikan masalah. Karena tidak mampu dan tidak mau konsultasi kepada orang yang lebih tahu, akhirnya beban itu kita tanggung sendiri. Pada hal Yesus dalam Matius 11:28 mengatakan:” Datanglah kalian kepada-Ku hai kalian yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu”. Ini janji Yesus kepada yang mengimani-Nya. Jadi kita datang kepada Yesus mohon rahmat dan belas kasih serta curahan Roh Kudus agar kita mampu memanggul salib kita masing-masing. Kita tak mungkin membuang salib itu, tapi harus merangkulnya serta mencintainya. Salam hormat dari redaksi Kuasa Doa.

  2. Sdr Agnes Yuni Kristianti,

    Terimakasih sudah mampir di Kuasa Doa. Tentang masalah Anda,. sebenarnya Anda tidak sendirian. ADa bagitu banyak orang Kristiani yang selingkuh. Mungkin sebelum menyalahkan orang lain (suami), coba bertanyalah kepada diri anda dulu. Apakah anda sudah memberikan yang terbaik untuk suami, sehingga akhirnya suami selingkuh. Jangan-jangan masalahanya pada Anda sendiri. Saya tidak menuduh. Tapi mau mencari akar masalah. Masalah kedua, memang ada kesempatan sang suami untuk berselingkuh. Mungkin itu terjadi karena masalah iman dan moral seorang Kristiani. Menjadi pengikut Kristus tidak hanya sekedar pergi Gereja setiap minggunya dan bisa berdoa. Itu tidak cukup. Iman harus terus dtumbuhkembangkan dan tidak berhenti sampai akhirnya Tuhan bulang sudah cukup saja sampai di sini. Coba-coba peristiwan itu direnungkan, diurai di mana letak sumber masalah. Tentu tidak lupa berdoa untuk sang suami, mohon ampun kepada Tuhan atas tingkah lakunya. Dan jangan bosan mendoakan dia. Contoh Santa Monica yang berdoa untuk suaminya bertobat membutuhkan waktu 32 tahun. Kita bantu doa bu, semoga suami menyadari kesalahannya dan kembali bertobat dan kumpul kembali bersama keluarga. Salam damai. (redaksi).

  3. Bu Laurentia Fanny,

    Masalah keuangan memang jadi beban setiap orang hidup. Namun beban itu akan terasa berkurang, kalau kita juga mau berpasrah kepada Tuhan yang memberi hidup ini. Tuhan pada intinya akan mengabulkan setiap doa, cuma itu dengan cara Tuhan, bukan dengan cara manusia. Harapan manusia maunya dijawab instan. ADa beberapa cara Tuhan menjawab doa manusia. Pertama, bisa segera. Kedua, belum saatnya. Ketiga, ditolak karena doa yang hanya mengumbar napsu. Sebagai orang beriman, kita berharap Tuhan akan mendegnar dan mengabulkan doa kita, tapi itu dengan cara Tuhan bukan cara kita manusia. Kita bantu doa , semoga ibu mendapat ketenangan. Salam hormat dari redaksi.

  4. Sdr. Yandra,

    Terimakasih sdh mau mampir di Kuasa Doa. Kalau boleh mengutip Injil Yohanes 11:4:” Pada dasarnya sakit penyakit itu tidak mematikan, tapi biarlah Nama Allah dimuliakan”. Jadikan Firman ini menjadi bahan refleksi. Sewaktu kita hidup senang, terkadang kita lupa Tuhan, tapi begitu kita sakit, kita seperti anak kecil merengek-rengek kepada Tuhan agar Tuhan memulihkan sakit penyakit kita. Ini barangkali Tuhan sentil, dan ini sebuah pendidikan dari Tuhan agar kita terus dekat pada-Nya dalam untung dan malang. Anda boleh setuju boleh tidak dengan jawaban saya ini. Tapi saya bantu dengan doa seperti Puas Fransiskus sbb:” Tuhan, jika Engkau mau, Engkau dapat membersihkan kami plus 5 x Doa Bapa kami”. Coba lakukan itu, semoga Anda sembuh dari sakit penyakit. Salam dan hormat, redaksi Kuasa Doa.

  5. Sd. Pendy,

    Terimakasih sudah datang di Kuasa Doa. Betul hanya Tuhanlah yang punya kuasa mengampuni dosa. Untuk itu perlu yang namanya pertobatan, karena tidak ada keselamatan tanpa pertobatan. Pertobatan adalah kata kunci untuk keselamatan. Bertobat artinya kita mohon ampun dan berniat untuk tidak berbuat dosa lagi. Karena intinya Tuhan itu belas kasih, siapa pun yang bertobat pasti akan diselamatkan. Salam damai dari redaksi.

  6. Tolong doakan saya, saya sedang mencari pekerjaan kembali setelah berhenti Agustus 2017, karena satu dan lain hal dan saya baru saja dianugerahi anak laki laki, saya benar benar membutuhkan pekerjaan untuk menafkahi keluarga saya, saya sudah melamar pekerjaan melalui orang orang yang saya kenal, mohon dukungan doanya, Tuhan memberkati.

    1. Yth pa D Agus T,

      Terimakasih sudah mampir di kuasadoa.com. Jangan putus asa ya pa, kita harus bertekun dalam iman, harapan dan kasih. Jangan pula berhenti untuk terus memohon. Tuhan pasti akan membantu kita, tetapi dengan cara Tuhan dan bukan dengan cara kita. Kita imani bahwa Tuhan selalu akan menyertai anak-anak-Nya termasuk pa D Agus. Burung saja dipiara dan dikasih makan, masak anak-anak-Nya dibiarkan. Hanya dengan iman serta ketekunan dan kesetiaan, rahmat Tuhan akan bekerja.

      Demikianlah pa, saya bantu doa, semoga bapak cepat berhasil, Tuhan memberkati.-***

      Redaksi

  7. Tolong bantu doa, saya sedang buntu.. Lelah dan berputus asa. Saya mengakui setiap dosa yang telah saya lakukan, setiap kesalahan. Saya ingin bertobat dan kembali ke jalan yang sudah Allah sediakan. Saya terjerat hutang dengan jumlah yang tidak sedikit bagi saya. Kebutuhan ekonomi semakin meningkat, mengurus orang tua, mengurus kakek usia 95th, mengurus keponakan usia 3th. Dengan pendapatan yang saya peroleh, semua tidak cukup. Saya terjerat dan gali lobang tutup lobang. Sampai saya berada dititik dimana saya tak sanggup lagi. Saya sudah lelah. Saya ingin melunasi Hutang hutang saya. Setiap hari saya terusik dan di teror team dc untuk menagih hutang. Saya tidak bisa konsentrasi dengan pekerjaan dan tanggung jawab saya. Saya mohon pada Allah, untuk mampukan saya mengatasi semua yang telah saya lakukan. Menyelesaikan setiap tanggung jawab saya.

  8. Saya terjerat hutang yg sangat besar…saya memakai uang kantor banyak sekali, suami saya tdk bekerja..sy bekerja pontang panting dg 4 anak.
    Suami sy mengingkari Tuhan Yesus, semua permintaan suami sy harus sy penuhi, gaya hidupnya dll.
    Saat ini saya dalam keadaan paling kritis, untuk memenuhi kekurangan kebutuhan saya mencoba mencari uang tambahan tetapi malah semakin terjerumus.
    Beban saya terlalu berat…saya hampir putus asa…ingin mati rasanya, tapi saya tinggalkan 4 anak2 yg masih kecil.
    Tidak ada yg tahu kondisi saya yg sebenar2nya…Aku menangis Tuhan Yesus….Tolong aku Yesus…aku hampir tenggelam…

  9. Mohon didoakan, agar kami sekeluaega dikuatkan dalam iman, walaupun ujian hidup cukup berat karena orang yg kami anggap saudara telah menipu kami habis habisan. Dan kami dimampukan untuk melupakan itu semua dan memaafkan orang yg telah meniou kami.

  10. Tolong doa kan suami saya.. Karna semenjak usaha batako suami saya maju saya dan anak2 saya telah di diterlantarkan suami saya dan dzolimi oleh suami saya.. Rsanya hati saya sakit melihat skap suami saya telah menyombongkan usahanya kpd saya. Karna saya tdk bekerja hanya ibu rumah tangga suami saya terus mencemooh saya,,,, saya tau Tuhan tdk tdur.. Semoga suami saya mendapat teguran dari mu Tuhan. Dan semoga saat suami saya mendapat teguran darimu suami saya bisa menyadari kesalahannya yg telah menterlantarkan dan menzholimi saya dan anak2 saya

  11. Mohon doakan saya yg saat ini mengalami ketakutan. Saya takut difitnah atau dikorbankan melakukan perbuatan melanggar hukum yang sebenarnya tidak pernah terjadi.
    Saya percaya Tuhan Yesus adalah satu-satunya penyelamatku dari kejahatan dunia.
    Mohon doanya…Amin..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.