Kuasa Doa:”Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia, dan Dialah yang mengutus Aku”.

Renungan Kuasa Doa hari ini diangkat dari Injil Yohanes 7:1-2,10,25-30 dengan thema:”Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia, Dialah yang mengutus Aku”.

Injil Yohanes hari ini berbicara tentang Allah Tritunggal yang tidak dimengerti oleh banyak orang. Bahkan orang lain menuduh bahwa Allah orang Kristen itu tiga: yakni Bapa, Putera dan Roh Kudus. Namun kita mempertahankan mati-matian bahwa Allah orang Kristen itu esa (satu). Penjelasannya antara lain sbb:” Yesus dan Bapa itu satu. Allah Putra berasal dari Bapa dalam persekutuan dengan Allah Roh Kudus. Inilah misteri Allah Kristen yang sulit diterima oleh akal sehat mana pun. Allah Tritunggal tak mungkin dijelaskan secara jelas sebagaimana 1=3, atau 3=1. Oleh karena itu, melalui imanlah kita akan mengerti. Misteri Allah itu akan terbuka bagi orang beriman, karena Yesus sendiri sudah mengatakan;” Rahasia Kerajaan Surga akan terbuka orang sederhana, dan tertutup bagi orang cerdik pandai”. Dengan kata lain, kita tak mungkin memikirkan rahasia (misteri) Kerajaan Surga secara nalar. Oleh karena itu, Yesus sering berbicara tentang ‘iman’. Karena dengan imanlah, maka pinu hati akan dibukakan. Melalui imanlah kita akan sampai kepada Yesus, yang berasal dari Dia yang mengutus-Nya.

Seperti diuangkapkan di atas, Yesus dan Bapa adalah satu. Yesus datang ke dunia untuk melaksanakan seluruh rencana keselamatan Allah. Karena segala kuasa surga dan bumi telah Bapa serahkan kepada Yesus. Jadi, sejak kelahiran-Nya Yesus mempunyai kuasa yang mutlak untuk menyelamatkan atau menghukum manusia. Inilah wujud misi Ilahi Yesus.

Beberapa orang dari Yerusalem dan orang-orang jaman ini ‘hanya’ mengetahui bahwa Yesus itu berasal dari Nazareth. Ia adalah Anak Maria dan Yusuf. Mereka tidak tahu bahwa Yesus diutus Allah, karena mereka tidak mengenal Allah yang benar itu. Sejauh mana kita mengenal Yesus tergantung dari relasi dengan Yesus dan dengan Allah yang mengutus Yesus.

Dalam Kolose 1:15, Rasul Paulus mengatakan bahwa Yesus itu adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, yang lebih utama dari segala ciptaan. Dengan kata lain pula bahwa apa yang menjadi thema Kuasa Doa ini mau menjelaskan bahwa Yesus itu adalah Allah yang merendahkan diri menjadi manusia. Yesus adalah Allah yang nyata bisa dilihat dan diraba, yang membuat demikian banyak mukjizat selama berkarya di dunia. Namun demikian, kehadiran Yesus di dunia itu kini diwakili oleh Gereja-Nya yang satu, kudus, katolik dan apostolik. Oleh karena itu, Yesus tetap berkarya di dunia ini.

Dalam masa prapaskah ini, marilah kita dengan rendah hati mohon karunia Roh Kudus agar kita makin dipimpin untuk mengenal Yesus lebih dalam.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Marilah kita berdoa (oratio):

Bapa di surga yang mahabaik, Engkau telah mengutus Putera-Mu, agar manusia percaya bahwa Yesus adalah utusan-Mu dengan mengatakan “Barangsiapa melihat Aku, maka akan melihat Bapa”. Kini Engkau telah mengutus aku untuk membawa khabar baik ini bagi sesamaku. Teguhkan imanku, agar tetap setia kepada-Mu melalui Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantaraku, amin.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.