Jikalau Aku, Tuhan dan Gurumu membasuh kakimu, maka kamu pun wajib saling membasuh kaki.

Injil Yohanes hari ini (Yoh.13:1-15) dengan thema:” Jikalau Aku, Tuhan dan Gurumu membasuh kakimu, maka kamu pun wajib saling membasuh kaki”. Inti dari sabda Yesus itu adalah agar kita saling melayani, saling membantu dalam hidup ini. Yesus sebagai Guru kita telah memberikan teladan dalam hidup-Nya untuk terus berbagi dan berbela rasa dengan lain khususnya yang lemah dan tersingkir.

Yesus saatnya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Ia tetap mencintai para murid-Nya sampai saat terakhir. Yesus tahu bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Pada malam Perjamuan terakhir dengan para murid-Nya, Yesus pun berbuat sesuatu yang berbeda seperti hari-hari biasanya. Ia mengikat pinggang-Nya dan kemudian menuangkan air ke dalam sebuah baskom, dan mulai membasuh kaki para murid-Nya dan menyekanya pada kain yang terikat dalam pinggang-Nya itu. Ketika Yesus hendak membasuh kaki Petrus, Yesus mengatakan kepadanya:” Apa yang Kuperbuat , engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan memahami kelak”. Kata Petrus kepada-Nya:” Selama-lamanya Engkau tidak akan membasuh kakiku!”. Jawab Yesus kepadanya:”Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak akan mendapat bagian bersama Aku”. Kata Simon Petrus kepada-Nya:”” Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku”.Jawab Yesus:” Barangsiapa sudah mandi, cukuplah ia membasuh kakiknya, karena ia sudah bersih seluruhnya, Kamu pun sudah bersih, hanya tidak semua!”.Yesus menambahkan:” Tidak semua kamu bersih”. Karena sebentar lagi Yudas Iskariot akan menyerahkan Dia kepada imam-imam kepala.

“Jikalau Aku, Tuhan dan Gurumu membasuh kakikmu, maka kamu wajib saling membasuh kaki, sebab Aku telah memberikan suatu teladan bagimu, supaya kamu juga berbuat seperti yang telah Kuperbuat kepadamu”. Kita diwajibkan untuk saling melayani satu sama lain. Hidup ini kan tidak untuk diri sendiri. Kita hidup bersama orang lain . Kita wajib melayani sesama kita akan tercipta damai sejahtera dalam hidup ini. Yesus selalu menekankan agar hidup kia dalam damai sejahtera. Itu akan tercapai kalau kita saling melayani, saling berbela rasa dan saling berbagi.

Demikianlah refleksi www.kuasadoa.com, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.