Tuhan Allah kita itu Tuhan yang esa.

Injil Markus hari ini (mrk 12:28b-34) menegaskan bahwa “Tuhan Allah kita itu Tuhan yang esa”. Sekali peristiwa datanglah seorang ahli Taurat kepada Yesus dan bertanya kepada-Nya, ”

Perintah manakah yang paling utama

?”. Yesus pun menjawab:”Dengarlah , hai orang Israel. Tuhan Allah kita itu Tuhan yang esa. Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dengan segenap akal budi, dan segenap kekuatanmu “. Tidak ada perintah lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini. Kemudian berkatalah ahi Taurat itu kepada Yesus, ” Guru, tepat sekali apa yang Kau katakan bahwa Dia itu esa dan bahwa tidak ada allah lain kecuali Dia. Kemudian ia meneruskan:”Memmang mengasihi Dia dengan segenap hati, dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, serta mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri jauh lebih utamma dari pada kurban bakaran dan persembahan “Setelah mendengarkan jawaban ahli Taurat, Yesus pun berkata kepadanya:” Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah. Sejak saat itu tak seorangpun berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.

Dari ungkapan di atas, Yesus mengatakan bahwa “Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah”. Apakah ahli Taurat mengerti akan perkataan Yesus itu bahwa Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah itu”. Ahli Taurat tidak sadar bahwa Yesus itu berkuasa atas orang hidup dan mati. Yesus lah yang empunya Kerajaan Allah Tapi ahli Taurat walau dibilang ahli tapi apa yang difirmankan oleh Yesus belum tentu menangkap artinya. Sebab ketika ahli Taurat bertanya jawab dengan Yesus bukan sepenuhnya untuk bertanya tapi ingin mencobai Yesus. Menurut orang Farisi dan ahli Taurat, mereka lah yang empunya Kerajaan Surga. Mereka tetap menolak bahwa Yesus itu seorang Mesias utusan Allah. Sementara ahli Taurat hanya berpegang pada perintah MUsa sebagaimana tertulis dalam Hukum Taurat.

“Tuhan Allah kita itu Tuhan yang esa”-adalah keputusan final bahwa orang Kristen hanya mengenal satu Allah, Allah yang esa. Tapi Allah yang kita imani adalah Allah Tritunggal: Bapa, Putra dan Roh Kudus. Hal ini telah ditegaskan oleh Yesus kepada Filipus yang mengatakan:” Jiakalau kamu melihat Aku, kamu melihat Bapa. Karena Aku dan Bapa adalah satu (Yoh 10:30). Jadi kesimpulan kita bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang esa.

Demikilah refleksi www.kuasadoa.com. Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.