Ampunilah, dan kamu akan diampuni.

Injil Lukas hari ini (Luk 6:36-38) memberikan pengajaran kepada kita bahwa “Ampunilah, dan kami akan diampuni”. Hal ini selalu kita daraskan dalam Doa Bapa Kami, dengan mendaraskan”Ambunilah kesalaman kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami”. Jadi kita diminta untuk mengampuni siapa saja yang bersalah kepada kami dengan pengampunan yang tak terbatas. Hal ini kita dapatkan dari kata-kata Petrus yang bertanya kepada Yesus berapa kali kami harus mengampuni. Maka jawab Yesus bahwa kita harus mengampuni tidak terbatas. Dengan Yesus mengatakan kamu harus mengampuni 70x7x , maka setiap kali ada yang bersalah kepada kita, kita terus mengampuni. Jika kita dapat melaksanakan ini, maka kita menjadi pengikut Kristus yang sejati. Kita selalu diingatkan salah satu ayat di dalam Doa Bapa Kami. Orang yang suka mengampuni, maka orang itu adalah murah hati. Tentu saja dasarnya ‘hukum cintakasih”, karena Yesus mengajarkan kepada seluruh pengikut-Nya untuk murah hati termasuk dalam hal mengampuni. Murah hati tidak semata dalam hal pemberian materi semata, tetapi termasuk dalam hal mengampuni.

Selain hal di atas, Yesus juga menghendaki agar para murid-Nya “jangan suika menghakimi”, supaya kita tidak dihakimi orang lain Kita juga diminta untuk tidk menghukum, kalau tidak mau dihukum. Karena bagaimanapun, ukuran yang kita pakai untuik mengukur, akan diukurkan kepada kita”. Oleh karena itu dalam bahasa sehari-hari, kalau kita mau ditertawakan, jangan menertawakan orang lain. Atau kalau kita tidak mau dicubit, ya jangan mencibut orang lain.Oleh karena itu Yesus menambahkan “Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepada-mu”.

Jika kita sering bermeditasi, maka saalah satu hasilnya ‘kita dapat antara lain mudah mengampuni’. Mudah mengampuni adalah rahmat Tuhan yang dikarnuniakan kepada kita, agar kita tidak mudah menjadi sombong, karena kesombonan pada akhirnya akan meruntuhkan hidup kita.

Demikianlah refleksi www.kuasadoa.com, Tuhan memberkati.***

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.