translation services

Yesus Tuhan hari melalui Injil Mateus (Mat 5:27-32) meminta kepada kita untuk menjaga kesucian tubuh kita. Bagaimana caranya? Menjaga kesucian tubuh kita antara lain menjaga anggota tubuh agar kita tidak jatuh dalam dosa. Seperti apa contohnya? Misalnya seseorang suka memandang wanita dan bahkan sampai menginginkannya, maka dia sudah berbuat zinah di dalam hatinya. Atau contoh yang lain sekiranya matamu yang kanan menyesatkan dikau, cungkillah, karena lebih baik bagimu satu anggota badanmu binasa, dari pada tubuhmu seutuhnya dicampakkan ke dalam neraka. Atau jika tangan kanaanmu menyesatkan dikau, penggallah dan buanglah, karena lebih baik bagimu satu anggota badanmu binasa dari pada dengan badanmu seutuhnya masuk neraka.

Ini adalah beberapa contoh yang Tuhan Yesus berikan kepada kita bagaimana menjaga kekudusan hidup termasuk menjaga kekudusan tubuh kita. Menjaga kesucian tubuh itu termasuk dilarang berzinah. Dan berzinah dianggap dosa besar.

Tapi jaman sekarang pemahaman tentang berzinah makin hari tidak dipahami sebagai suatu dosa, karena dianggap suka sama suka.
Sebagai orang beriman dan sebagai pengikut Kristus, janganlah menganggap berzinah tidak berdosa. Yang demikian merendahkan hukum Tuhan sebagaimana tertulis dalam “10 perintah Tuhan”.

Allah telah menurunkan “10 perintah Tuhan” kepada Musa sebagaimana tertulis dalam Perjanjian Lama. Loh batu yang bertuliskan 10 perintah Tuhan itu harus dimengerti sebagai “Hukum Tuhan” yang tidak boleh dilanggar. Kalau dilanggar maka orang itu akan jatuh dalam dosa. Dan akibat dosa berat adalah api kekal.
Oleh karena itu untuk mengurangi percobaan- percobaan ini, maka perjuangan kita harus hidup baik dan terus-menrus kita lakukan. Pemeriksaan bathin sebelum tidur setiap hari akan mendukung kita bagaimana menguduskan hidup kita. Dengan pemeriksaan bathin, kita mampu melihat kekurangan-kekurangn dalam hidup kita. Seringlah membaca kisah orang kudus bagaimana mereka berjuang melawan godaan yang membuat mereka jatuh dalam dosa.

Menajaga kesucian tubuh kita tidaklah mudah. Kita hidup di dunia ini selalu dihantui 7 dosa pokok manusia yang melekat dalam setiap manusia. Tidak seorang pun di dunia yang tidak terlepas dari 7 dosa pokok manusia. Ada satu orang yang luput dari dosa maut tersebut yakni Bunda Maria yang telah dipilih oleh Allah sendiri. Hanya Bunda Marialah yang terbebas dari dosa. Oleh karena itu Bunda Maria dikenal sebagai “Maria Immaculata” atau Bunda tak bernoda. Dia ada pilihan secara khusus. Tapi kita sebagai manusia biasa, kitsa tumbuh dan hidup dalam lingkungan 7 dosa pokok manusia. Jika kita mengenal 7 dosa pokok manusia seperti “iri, benci, malas, marah, sombong, tamak, dan hawa napsu seksual”” dan sering kita periksa dalam bathin, maka akan peka terhada dosa pokok manusia. Kepekaan dan rasa takut itulah yang membuat kita selalu introspeksi kebathinan kita.
Takut akan Tuhan berarti kita takut untuk berbuat dosa. Karena dosa adalah halangan terbesar dalam memasuki Kerajaan Allah. Karena kekudusan jiwa raga kita menjadi mutlak agar kita dapat memasuki Kerajaan Allah dengan sempurna.

Demikianlah refleksi saya tentang “bagaimana menjaga kekudusan tubuh kita”, Tuhan memberkati.-

Tinggalkan Balasan