translation services

Di tengah keprihatinan umat beriman karena menyebarnya virus mematikan saat ini yakni virus corona covid-19, umat beriman tetap dapat mengikuti perayaan Paskah secara online. Namun demikian, perayaan paskah demikian tidaklah afdol, karena tidak sakramental. Kita tidak menerima tubuh Kristus secara sakramental, tapi hanya secara rindu. Semoga kondisi negeri ini jangan terlalu lama seperti saat ini, biarlah melalui peristiwa paskah ini, Tuhan tetap berkarya bagi keselamatan umat manusia. Apakah Tuhan akan menghancurkan umat manusia sebagai citra-Nya. Saya kira tidak demikian. Dengan peristiwa pandemi seperti saat ini, Yesus ingin memperlihatkan kemulian-Nya kepada dunia dan manusia. Pada dasarnya manusia tidak punya kuasa sedikit pun atas hidupnya. Semua itu karena kebaikan dan kemurahan Tuhan. Tuhan ingin memperlihatkan kemahakuasan-Nya, manusia harus mengakui itu.

Peristiwa Jumat Agung serta misteri Paskah adalah 2 hal misteri Ilahi bagi manusia. Jumat Agung adalah peristiwa mengenangkan sengsara Yesus yang di luar batas kemanusiaan. Mampukah manusia mengalami penderitaan seperti itu. Itu semua adalah contoh bagi umat manusia. Bahwa manusia harus mengalami problema hidup termasuk kesengsaraan, tapi manusia akan tetap selamat seberapa besar dosanya asal mau bertobat. Manusia zaman moderen ini sudah tidak mengenal dosa, dan juga tidak tahu harus bagaimana untuk meniti kembali kepada Tuhan sebagai sumber keselamatan. Peristiwa Jumat Agung adalah peristiwa di mana Yesus bersama segala ciptaan-Nya akan mengalami nasib yang sama yakni penderitaan, tapi Tuhan akan memulihkan hidupnya kalau mau bertobat dan kembali kepada-Nya. Jumat Agung adalah karya puncak keselamatan umat mansuia, di mana Yesus telah mengalahkan maut dan mengembalikan komunikasi manusia dengan Tuhan. Siapa saja yang dibaptis dan percaya kepada-Nya akan memperoleh hidup kekal. https://youtu.be/rAzjLe__UAc

Peristiwa Paskah adalah misteri kebangkitan Kristus dari alam kematian. Dialah satu-satunya manusia yang telah dibangkitkan dengan mulia, dan kemudian kembali ke dalam Kerajaan-Nya di dalam surga. Misteri kebangkitan Kristus adalah misteri Ilahi. Sekiranya Yesus tidak bangkit dan hidup, apa yang terjadi? Barangkali khabar sukacita Injil tidak seperti sekarang. Karena Yesus itu bangkit dan kembali ke dalam Kerajaan Surga, artinya Yesus itu hidup dan tetap berkarya bagi keselamatan dunia dan segala isisnya.

Oleh karena itu,seruan Gereja yang tersebar di seluruh dunia di bawah pimpinan Paus Fransiskus mohon kepada Yesus Tuhan agar segera membebaskan umat manusia sebagai citra-Nya terbebas dari musibah ini. Peristiwa pandemi virus corona covid-19 seharusnya menjadi permenungan umat manusia untuk kembali serta memuliakan Nama-Nya dengan tidak berbuat dosa lagi. Jika itu yang terjadi, semoga Tuhan segera membebaskan umat-Nya dari rasa ketakutan dan mulai kembali kepada-Nya dengan tulus.

Demikianlah refleksi singkat tentang Jumat Agung, dan Misteri Paskah yang baru saja kita rayakan. Selamat Paskah, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan