(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Siapakah Sosok Yesus itu?

Posted at 22 Februari, 2018 by Justinus on category Renungan
translation services

Siapakah Sosok Yesus itu? Yesus orang Nazareth terus menjadi perbantahan dari dahulu, sekarang dan yang akan datang. Hal ini juga merupakan kepenuhan nubuat Simeon seorang yang saleh yang hidupnya di Bait Allah. Hidupnya sepenuhnya dibaktikan kepada Allah.

Injil Mateus (Mat 16:13-39) hari ini mengisahkan bagaimana pendapat umum tentang Yesus. Menurut pendengaran para murid dari orang banyak, Yesus adalah Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan Elia, dan ada pula yang mengatakan Yeremia atau salah seorang dari para nabi”. Kemudian Yesus bertanya kepada para murid-Nya siapakah Diri-Nya? Simon Petrus yang mewakili rekan-rekannya mengatakan:” Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!“. Kata Yesus kepadanya:” Berbahagialah engkau Simon bin Yunus, sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di surga“. Kemudian Yesus meneruskan dan berkata:” Engkau adalah Petrus, dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya, dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di surga”.

Firman yang disampaikan oleh Yesus itu menjadi landasan kuat bahwa Gereja yang didirikan oleh Kristus adalah Gereja yang berlandaskan pada Petrus. Hal itu berarti pula bahwa jemaat yang didirikan oleh Kristus adalah jemaat yang didirikan oleh Petrus sebagai wakil Kristus. Memang saat ini ada begitu banyak gereja di didunia, namun belum tentu didirikan atas gereja para rasul yang merupakan Tradisi Suci.

Santo Petrus yang diberi kuasa oleh Yesus untuk memimpin Gereja mendirikan dua buah tahta keuskupan. Yang pertama didirikan di Anthiokia, di tengah-tengah kaum Yahudi dan orang-orang kafir pada tahun 35. Di sana Petrus memimpin jemaatnya selama 7 tahun. Setelah dua kali mengunjungi Roma, maka pada tahun 65 ia menetap di sana sebagai uskup pertama. Maksud pesta Tahta Suci Santo Petrus ini ialah untuk menghormati Petrus sebagai wakil Kristus dan Gembala tertinggi Gereja yang mempunyai kuasa rohani atas segenap anggota Gereja dan semua Gereja setempat. Kuasa Petrus ini yang disebut Primat Petrus diberikan langsung oleh Yesus sebelum kenaikan-Nya ke surga. (Yoh 19:15-19).

Oleh karena itu wajarlah bahwa Gereja yang didirikan oleh Kristus adalah Gereja Katolik yang didirikan oleh Petrus sebagai primat pertama Gereja Katolik. Tentu klaim ini atas dasar Injil sebagaimana disampaikan di atas.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘siapakah sosok Yesus itu?’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1