(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Buanglah ketakutan dan percaya saja kepada Yesus Tuhan.

Posted at 30 Januari, 2018 by Justinus on category Renungan
translation services

Buanglah ketakutan dan percaya saja kepada Yesus merupakan sebuha ajakan Yesus kepada para pengikut-Nya. Ajakan ini tentu saja akan membawa iman kepada Yesus yang sungguh Allah dan sungguh manusia.

Injil Markus (Mark 5:21-43) hari ini membawa kisah pertemuan dengan Yesus. Pertamuan pertama adalah kepala rumah ibadat yang datang serta menyembah Yesus tentang puterinya yang sakit dan hampir mati. Pertemuan kedua adalah wanita yang mengalami penyakit pendarahan yang cukup lama dan akhirnya sembuh setelah bertemu Yesus. Mukjizat penyembuhan Yesus memang luar biasa. Tak ada sosok manusia super seperti Yesus. Dengan kuasa dan tenaga-Nya Ia menyembuhkan segala sakit penyakit, mengusir roh-roh jahat dan bahkan membangkitkan orang yang sudah mati.

Namun demikian, banyak orang tidak suka dengan karya Yesus sebagai penyembuh utama, sebagai Guru yang istimewa. Yang mereka benci adalah bahwa Yesus itu bukan Tuhan, Dia hanya sebatas nabi saja. Yang menolak selalu berargumentasi untuk minta bukti di dalam Kitab Suci bahwa Yesus minta disembah. Para penolak minta bukti itu tertulis di dalam Kitab Suci secara eksplisit.

Talitakum artinya bangkitlah yang hari ini Markus kisahkan bagaimana Yesus membangkitkan orang yang sudah mati. Maka ketika Yesus datang ke rumah Yairus, mereka menertawakan Yesus, dan tidak percaya bahwa orang yang sudah mati akan hidup (bangkit) kembali. Ketika Yesus masuk ke ruang puteri Yairus yang sudah meninggal, Ia didampingi oleh Petrus, Yohanes dan Yakobus. Ketiga murid ini selalu menyaksikan kemuliaan Yesus bahwa Yesus itu sungguh-sungguh Allah dan sungguh manusia. Oleh karena itu Yesus juga berpesan ‘ percaya kepada Tuhan yang memberikan kehidupan dan juga dari kematian.

Tentang wanita yang mengalami pendarahan selama 12 akhirnya sembuh juga setelah bertemu dengan Yesus. Ia sudah menghabiskan segla hartanya untuk berobat ke berbagai tabib, namun semuanya sia-sia. Imannya begitu kuat dan hanya dengan menjamah jumbai jubah-Nya ia pasti akan sembuh. Imannya begitu kuat. Dan ketika ia menyentuh jubah Yesus, ada energi keluar dari tubuh Yesus. Namun murid-Nya pun menegur bagaimana nggak tersenggol karena ada orang begitu banyak. Namun Yesus memastikan ada ada energi yang keluar dari pada-Nya, dan akhirnya Ia bertemu dengan wanita itu. Yesus pun menegaskan bahwa imannya telah menyembuhkannya.

Oleh karena itu, Yesus berulang kali menegaskan untuk percaya saja, dan buanglah ketakutan dan percaya saja kepada Yesus Tuhan.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘ buanglah ketakutan dan percaya saja kepada Yesus Tuhan, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1