(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Roh jahat bersaksi tentang Yesus Kristus.

Posted at 18 Januari, 2018 by Justinus on category Renungan
translation services

Roh jahat bersaksi tentang Yesus Kristus, Anak Manusia yang terlahir dari Maria dan Yosep tukang kayu dari Nazareth. Hari itu orang datang berbondong-bondong dari berbagai daerah untuk bertemu dengan Yesus, sehingga waktu itu banyak orang sakit minta disembuhkan. Sayang, mereka datang semata untuk kesembuhan jasmani, bukan kesembuhan rohaninya.Mereka tidak peduli terhadap ajaran Yesus, yang penting sembuh. Fenomena itu juga terjadi pada jaman now, di mana suatu saat diselenggarakan KKRK (Kebangunan dan Kebangkitan Rohani Katolik) banyak sekali orang datang mencari dan mohon kesembuhan. Kalau sudah sembuh yang sudah. Artinya mereka hanya mencari kesembuhan fisiknya semata, dan bukan kesembuhan rohani. Pada hal seharusnya kesembuhan rohani jauh lebih penting dari pada kesembuhan jasmaninya. Bukankah ada suatu kata bijak ‘mens sana in corpore sano’, dalam tubuh yang sehat, ada pikiran dan hati yang sehat. Dalam hal ini dimaksudkan pula bahwa mencari kesembuhan rohani akan berdampak pada kesehatan jasmani.

Injil Markus (Mrk 3:7-12) hari ini mewartakan tentang Yesus yang menyembuhkan banyak orang. Segala penyakit disembuhkan, termasuk mereka yang kerasukan roh-roh jahat. Namun roh-roh jahat yang diusirnya dari tubuh-tubuh banyak orang itu berteriak:”Engkaulah Anak Allah”. Kesaksian ini tentu sangat mencengangkan kita. Ternyata iblis itu tahu persis siapakah sosok Yesus itu. Tentu saja teriakan iblis menjadi kesaksian bahwa Yesus itu adalah Yang Kudus dari Allah. Dan hanya Dialah yang punya kuasa untuk mengusir roh-roh jahat.

Kesembuhan banyak orang yang dilakukan oleh Yesus membuktikan pula bahwa sosok Yesus yang kita percaya dan imani itu sungguh Allah dan sungguh manusia, walau pandangan itu juga menimbulkan banyak perbantahan bagi banyak orang.

Tentang perbantahan Nama Yesus itu pun sudah diramalkan oleh Simeon, seorang hidupnya saleh dan banyak berdoa di Bait Allah. Ia menegaskan bahwa dirinya belum akan meninggal sebelum melihat Mesias. Ketika Maria dan Yosep ingin mempersembahkan Yesus ke dalam Bait Allah, Simeon pun menyambut-Nya dan menggendong-Nya. Dalam kesempatan itu ia pun menubuatkan Yesus Mesias yang menimbulkan perbantahan tidak hanya di antara orang Israel, tapi juga bangsa-bangsa di dunia. Perbantahan Nama Yesus tidak hanya waktu itu, tapi juga pada jaman now dan masa yang akan datang. Nama Yesus adalah Nama yang fenomenal, yang banyak disebut di seluruh bumi. Demikian juga mulut kita tidak pernah berhenti untuk terus memuji dan memuliakan Nama Yesus Yang Kudus dari Allah.

Oleh karena itu, kesaksian roh-roh jahat tentang Nama Yesus menjadi catatan khusus tersendiri, bahwa yang paling jahat saja mengakui dari mulutnya bahwa Yesus itu adalah Yang Kudus dari Allah, maka kita sebagai pengikut Yesus selama ini harus pula terus memuliakan Nama-Nya yang kudus.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang’ roh jahat bersaksi tentang Yesus Kristus’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1