(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Yohanes rasul sebagai saksi Kristus yang teruji.

Posted at 27 Desember, 2017 by Justinus on category Renungan
translation services

Yohanes rasul sebagai saksi Kristus yang teruji. Selain sebagai rasul, Yohanes juga merupakan seorang penginjil yang mengahsilkan pewartaan Kristus selain Injil sinoptik yakni Markus, Matius dan Lukas. Sebagai penginjil Yohanes adalah murid langsung yang dapat menyaksikan tiga peristiwa fenomenal bersama Yesus yakni Petrus dan Yakobus. Mereka ini adalah saksi Kristus ketika Ia membangkitkan puteri Yairus, penampakan kemuliaan Yesus di gunung Tabor serta kebangkitan Kristus di antara orang mati. Yohanes pula menerima pesan Yesus terakhir ketika Yesus mengatakan bahwa Maria adalah ibunya, dan kepada Maria, itulah anaknya. Peristiwa-peristiwa itu begitu penting, sehingga memang Yohanes sering disebut sebagai murid yang paling dikasihi.

Injil Yohanes (Yoh 20:2-8) hari ini antara lain juga berbicara tentang Yohanes yang menyaksikan kebangkitan Kristus. Memang para murid ini menerima khabar kebangkitan itu bermula dari Maria Magdalena yang pagi-pagi benar sudah mengunjungi makam Yesus. Begitu ia melihat makam itu kosong, berlarilah ia mendapatkan para murid di antaranya Simon Petrus bersama murid yang dikasihi-Nya yakni Yohanes.

Ketika Maria Magdalena bertemu kepada mereka, ia berkata:”Tuhan telah diambil orang dari kuburnya, dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan”. Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama,tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga ia lebih dahulu sampai di kubur. Ketika menjenguk ke dalam kubur, ia melihat kain kapan sudah terletak di tanah. Maka tibalah Simon Petrus menyusul dia, dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, sedangkan kain penutup kepala Yesus berada di tempat lain. Akhirnya mereka percaya bahwa Yesus sudah bangkit.

Apa makna kebangkitan Kristus bagi kita semua? Kalau Kristus tidak bangkit dan hidup, maka sia-sialah iman kita. Para murid Yesus ini adalah saksi-saksi bahwa Kristus yang menderita sengsara dan wafat di kayu salib itu sudah tidak ada di makam-Nya. Dan Ia sudah bangkit. Sebelum naik ke surga, Ia masih berkali-kali bertemu dan berkumpul dengan para murid-Nya serta memberikan pengajaran-pengajaran kepada para murid-Nya. Dengan demikian, Yesus Kristus yang kita imani ini masih tetap hidup dan masih berkarya melalui Gereja-Nya sebagai representasi kehadiran-Nya di dunia. Yesus telah memilih Petrus sebagai orang yang telah ditetapkan untuk melanjutkan karya-Nya dan saat ini diteruskan oleh Gereja-Nya yang satu, kudus, katolik dan apostolik di bawah pimpinan Paus Fransisku sebagai penerus tahta Petrus.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘Yohanes sebagai saksi Kristus yang teruji’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1