(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Sabda-Nya yang penuh kuasa mampu mengusir roh jahat.

Posted at 5 September, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Sabda-Nya yang penuh kuasa mampu mengusir roh jahat. Mengusir roh jahat (setan) hanya dalm Nama Yesus. Mengapa? Karena iblis itu tahu persis siapakah Yesus itu.

Injil Lukas (Luk 4:31-37) hari ini mengisahkan bagaimana iblis paham betul siapakah sosok Yesus itu. Waku itu Yesus sedang mengajar di rumah ibadat di Kapernaum, di daerah Galilea. Di rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan, dan iblis itu berteriak=-teriak, katanya:

Hai Engkau, Yesus orang Nazareth, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku ahu siapa Engkau: Engkaulah Yang Kudus dari Allah
. Yesus pun menghardiknya, kata-Nya:”Diam, keluarlah dari padanya”. Setan pun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya, dan sama sekali tidak menyakitinya. Akibat peristiwa itu, banyak orang takjub, lalu berkata satu sama lain:” Alangkah hebatnya perktaan ini. Dengan penuh wibawa dan kuasa, Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar”. Sejak peristiwa itu, tersiarlah khabar ke mana-mana tentang Yesus di daerah itu.

Dalam kesempatan itu bolehlah kalau kia menyebutnya bahwa Yesus adalah Exorcis Agung. Dalam pengajaran-Nya kepada orang banyak, Yesus tidak semata-mata mengajar, tetapi juga berbuat banyak mukjizat. Dalam kesempatan hari ini Yesus telah mengusir roh jahat yang berada di dalam tubuh seseorang.

Pelajaran yang dapat kita petik dari Injil hari ini antara lain bahwa iblis tahu persis siapakah sosok Yesus bahwa Yesus adalah Yang Kudus dari Allah. Iblis pun tahu bahwa hanya Yesus yang dapat mengusir serta membinasakan dirinya. Oleh karena itu, kita pun dapat mengusir roh jahat itu dalam Nama Yesus, dan bukan dalam nama yang lain. Walau pun di Gereja ada aturan yang baku dalam pengusiran roh-roh jahat. Di lingkup Gereja, jika itu harus mengikuti aturan, maka seorang eksorsis itu hanyalah seorang uskup atau imam tertahbis yang ditunjuk Bapa Uskup. Namun demikian kita pun dapat melakukan pengusiran roh jahat. Ini yang disebut ‘doa pelepasan’ (deliverance). Setiap orang dapat melakukan hal ini, tetapi tetap harus dalam Nama Yesus. Karena Bapa telah memberi kuasa kepada Putera-Nya untuk berkuasa atas surga dan bumi.

Oleh karena itu, Yesus pun juga memberi kuasa kepada murid-Nya untuk mengusir roh-roh jahat serta menyembuhkan mereka yang sakit. Dengan demikia, kita pun juga diberi kuasa untuk berbuat yang sama di dalam Nama-Nya yang kudus.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘ Sabda-Nya yang penuh kuasa mampu mengusir roh jahat’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1