(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Perbuatan ajaib Yesus dalam penggandaan 5 roti dan 2 ikan.

Posted at 7 Agustus, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Perbuatan ajaib Yesus dalam penggandaan 5 roti dan 2 ikan adalah sebuah mukjizat Yesus yang luar biasa. Apakah hal ini terjadi karena Yesus bisa main sulap dengan bimsalabim? Tentu ini adalah sebuah mukjizat Tuhan dalam diri Yesus yang mampu memberi makan kepada ribuan orang yang hanya berasal dari sejumlah roti dan dan beberapa ekor ikan. Yang luar biasa adalah mereka dapat makan kenyang, bahkan masih sisa 12 bakul. Inilah mujizat Tuhan yang luar biasa, yang tidak didapatkan oleh nabi-nabi lainnya.

Ketika Injil Matius (Mat 14:13-21) berbicara tentang mujizat Yesus yang ajaib dalam hal ini menggandakan lima roti dan 2 ikan, Yesus meminta kepada para murid-Nya agar mereka memberi makan kepada orang banyak yang dari pagi hingga malam hari mendengarkan ajaran Yesus. Ketika para murid meminta Yesus agar mereka membubarkan diri, justru sebaliknya Yesus meminta kepada para murid-Nya untuk memberi makan. Mereka pun sempat mengeluh bagaimana memberi makan kepada orang yang sebanyak ini. Konon jummlahnya 5000 laki-laki tidak termasuk perempuan dan anak-anak. Dengan kata lain, mungkin lebih dari 10 ribu orang yang waktu itu mendengarkan ajaran Yesus. Terjadilah kegundahan hati para murid bagaimana memberi makan orang sebanyak ini. Dari mana bisa didapatkan bahan makanan untuk orang sebanyak itu. Para murid ini masih belum mengerti siapakah sosok Yesus ini. Lalu para murid melaporkan bahwa hanya ada lima roti dan 2 ikan. Yesus pun meminta kepada murid-Nya agar mereka duduk berkelompok, dan Yesus mengambil roti dan ikan itu. Ia mengucap berkat dan meminta kepada para murid-Nya untuk membagikan makanan itu. Perbuatan ajaib Yesus itu mengenyangkan seluruh pendengar-Nya bahkan masih sisa 12 bakul.

Pesan yang dapat kita tangkap dari Injil Matius hari ini antara lain tentang peringatan akan Perjamuan Kudus dalam Ekaristi di mana setiap orang menerima tubuh Kristus sebagai santapan rohani.

Karya Yesus yangluar biasa ini menakjubkan banyak orang. Oleh karena itu suatu saat ketika berkumpul kembali, Yesus sempat mengatakan bahwa kalian datang kemari hanya untuk mencari makanan jasmani, bukan sebaliknya yakni makanan rohani.

Teguran Yesus itu benar bahwa terkadang dalam hidup ini yang kita buru setiap saat adalah makanan jasmani yang dapat mengenyangkan jasmani. Tapi dari seluruh ajaran Yesus yang dapat kita tangkap adalah kita sangat membutuhkan makanan rohani, sebagai bekal kehidupan di masa yang akan datang setelah kita lepas dari dunia ini. Yesus telah memberikan pengarahan kepada dunia kalau mereka mau selamat, ikutlah Diri-Nya, karena Diri-Nya adalah jalan, kebenaran dan hidup. Tak seorang pun datang kepada Allah Bapa tanpa melalui Diri-Nya (Yoh 14:6). Gambaran ini mempertajam pandangan kita makna hidup di dunia, dan hidup di masa yang akan datang setelah kematian.

Oleh karena itu, perbuatan ajaib Yesus dalam memberi makan kepada 5000 orang lebih, merupakan mukjizat kehidupan bagi orang yang percaya.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘perbuatan ajaib Yesus dalam penggandaan 5 roti dan 2 ikan’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1