(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Yesus memberi kuasa kepada para murid-Nya.

Posted at 4 August, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Yesus memberi kuasa kepada para murid-Nya untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala sakit penyakit dan segala kelemahan. Injil Matius (Mat 9:35-10.1) hari ini Yesus mengajar orang banyak, sementara itu tergeraklah hati-Nya dengan belas kasihan-Nya untuk mewartakan khabar sukacita untuk orang banyak. Ia selalu mengajar di rumah-rumah ibadat di mana Ia bersama para murid-Nya singgah di suatu kota atau tempat tertentu. Ia selalu mewartakan Injil Kerajaan Surga serta melenypkan segala sakit penyakit dan segala kelemahan.

Ketika melihat orang banyak yang terus mengikuti-Nya, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Oleh karena itu Yesus berkata kepada para murid-Nya:”

Tuaian memang banyak, tetapi pekerjanya sedikit. Maka mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu“.

Oleh karena itu, Yesus lalu memanggil keduabelas murid-Nya dan memberi kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

Mungkin ada yang bertanya, apakah Yesus juga memberi kuasa ini kepada Gereja-Nya? Jawabnya’ iya’. Artinya tugas perutusan para rasul dan sekarang ini diwariskan kepada Gereja-Nya masih berlaku. Gereja yang didirikan oleh Kristus sampai saat ini tetap diberi kuasa sebagaimana diberikan oleh para rasul. Oleh karena itu, tugas perutusan itu juga diberikan kepada kita sebagai anggota Gereja untuk mengusir roh-roh jahat, memebebaskan sakit penyakit, dan juga segala kelemahan yang dialami oleh banyak orang.

Hari ini Gereja merayakan pesta Santo Yohanes Maria Vianey dari Perancis. Di kala muda, di antara 6 bersaudara, Vianey adalah anak yang lamban. Pada usia 18 tahun baru ia dapat mambaca dan menulis. Akhirnya orang tuanya mengirim ke seminari dengan berat hati. Selama mengikuti pelajaran, hampir semua mata pelajaran hasilnya jeblog, tetapi akhirnya ia lulus juga. Kemudian ia melanjutkan ke seminari tinggi, walau pun harus dengan kerja keras akhirnya ia lolos juga. Yang istimewa dari Yohanes Vianey adalah hidup rohaninya yang luar biasa. Namun karena kemampuan nalarnya, setalah ditahbiskan menjadi imam tidak ditempatkan di kota, tetapi di desa yang jauh dari kota.
Walau demikian, Vianey tidak merasa dibuang, tetapi berkat pertolongan Allah melalui Roh Kudus-Nya, ia membangun paroki Ars. Siang malem ia mendengarkan pengakuan dosa sambil bebenah parokinya. Hasilnya luar biasa. banyak orang bertobat. Dulu ia dipandang sebelah mata oleh rekan-rekannya, tetapi berkat kerendahan hati dan ketekunannya, ia berhasil menggembalakan umatnya di paroki Ars, dan kini dia sangat dikagumi oleh Gereja. Ars yang dulu sepi kini menjadi tempat ziarah terkenal di Perancis. Banyak orang bertobat berkat pastor Yohanes Vianey.

Sesuai dengan tema ini, maka kuasa Roh Kudus bekerja pada pastor Yohanes Vianey untuk mempertobatkan bagi banyak umat, yang dahulunya tidak ada ada yang peduli terhadap pertobatan.

Demikianlah refleksi Kuasa doa hari ini tentang “Yesus memberi kuasa kepada para murid-Nya’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1