(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Kerajaan Surga ibarat harta yang terpendam.

Posted at 2 August, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Kerajaan Surga ibarat harta yang terpendam di ladang merupakan perumpamaan yang disampaikan oleh Yesus kepada orang banyak. Mungkin kita bertanya lebih lanjut? Apa dan siapa itu Kerajaan Surga? Santo Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma mengatakan bahwa Kerajaan Surga adalah bukan soal makan dan minum, tetapi kebenaran, damai sukacita dalam terang Roh Kudus (Roma 14:17). Lantas Kerajaan Surga itu siapa?Sebagai orang beriman kita mengatakan bahwa Kerajaan Surga itu Yesus sendiri. Karena Dia adalah jalan, kebenaran dan hidup. Hanya Yesus yang secara eksplisit menyatakan bahwa Diri-Nya adalah jalan, kebenaran dan hidup. Siapa pun tidak akan mengenal Allah dengan jelas, tanpa melalui dengan-Nya. Artinya jika diri kita ingin tahu lebih dalam siapakah sosok Allah, maka kita harus datang dan mencari-Nya dalam Diri Yesus? (Yoh 14:6)

Namun demikian, tidak banyak orang paham dan mau mengerti siapakah sosok Yesus itu. Orang lain mengenal Dia sebagai Isa Alamasih. Tapi mereka kenal hanya sebatas nabi saja. Dia adalah Anak Siti Maryam. Hanya sebatas itu. Sementara yang lain menegaskan bahwa Dia adalah Juru Selamat manusia. Dengan demikian terjadilah pertentangan tentang Dia. Tentang hal ini pun sudah dinubuatkan bahwa Nama Yesus akan menjadi suatu tanda (pertentangan) bagi bangsa-bangsa. Karena Nama Yesus, banyak para pengikut-Nya dikucilkan bahkan dibunuh. Dan yang membunuhnya dianggap bakti kepada Allah. Hal ini pun sudah dinubuatkan di dalam Injil tentang para pengikut Yesus yang akan mengalami nasib yang sama seperti Guru-nya. Namun demikian, Yesus menjanjikan bagi siapa saja yang bertahan akan imannya kepada-Nya, mereka akan selamat dan memperoleh hidup kekal.

Ketika Injil Matius (Mat 13:44-46) hari ini berbicara tentang Kerajaan Surga seumpama harta yang terpendam di ladang, tentu hal ini juga bermakna bahwa Kerajaan Surga di mana Yesus bertahta sebagai Raja merupakan harta kekayaan yang sangat berharga. Jika kita telah dipilih untuk mengikuti-Nya, maka kita akan membuang segala milik kita dan menemukan dan mendapatkan harta karun itu. Setiap orang berusaha untuk memperoleh Kerajaan Surga, tapi harus dengan usaha keras. Tak mungkin kita mendapatkannya seperti membalik tangan, tapi penuh dengan perjuangan. Tanpa itu maka harta rohani yang besar dan paling berharga akan kita peroleh, tanpa mengenal dan memperoleh Yesus sebagai jalan, kebenaran dan hidup. Jadi wajarlah kalau setiap orang beriman terus berusaha keras untuk menyelamatkan harta rohani yang makin hari makin lebih dalam. Dan menurut hematnya, inilah harta yang paling berharga.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang’ Kerajaan Surga ibarat harta yang terpendam’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1