(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Syarat menuju kepada Kerajaan Surga adalah pertobatan.

Posted at 18 July, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Syarat menuju kepada Kerajaan Surga adalah pertobatan. Pertobatan orang berdosa menjadi syarat mutlak untuk memasuki Kerajaan Allah. Jika Yesus hari ini berbicara tentang ‘celakalah’, dimaksudkan bagaimana orang bertobat pada hari penghakiman nantinya nereka semuanya selamat. Yesus sempat mengecam kota-kota Kapernaum dan Betsaida dua kota Yesus di mana Yesus sering mengajar di kedua tempat itu, namun mereka tidak bertobat. Oleh karena Yesus mengecam kedua kota tersebut. Dan nasib kedua kota itu nantinya akan lebih parah dari pada kota Tirus dan Sidon, kota kafir. Tapi nasib kedua kota terakhir ini akan lebih baik, karena penduduk kedua kota itu mengalami pertobatan. Dengan demikian, jika kedua kota yakni Kapernaum dan Betseida tidak bertobat maka mereka akan celaka dan mengalmi nasib buruk pada hari penghakiman nanti.

Injil Matius (Mat 11:20-24) hari ini berbicara tentang pertobatan. Nampaknya kata kunci keselamatan adalah pertobatan, karena tanpa pertobatan, tidak ada keselamatan. Yesus berharap pengajaran-Nya diterima oleh banyak orang yang telah mendengarkan ajaran-Nya dan sejumlah kesaskian-Nya dalam pelayanan kepada orang-orang sakit lumpuh disembuhkan, yang buta dibukakan matanya, yang tuli mendengar, yang kerasukan setan disembuhkan, dan bahkan yang mati dibangkitkan. Itulah tanda-tanda yang diperbuat Yesus di hadapan banyak orang. Namun masih banyak orang yang tidak percaya akan karya dan ajaran-Nya. Walau demikian, Yesus hanya mengecam orang-orang seperti itu, kan kasihan saja pada akhir nantinya.

Jika hal ini dikaitkan dengan kondisi sekarang, memang masih banyak orang yang masih menolak Yesus. Bahkan mendengar saja, mereka alergi, apalagi menyebut Nama Yesus. Namun Yesus membiarkan segalanya, karena toh pada dasarnya setiap orang telah diberi hati dan pikiran. Dengan hati dan pikiran itu, manusia diberi kesempatan untuk memilih dan menentukan jalan hidupnya apakah akan menerima yang baik atau akan menerima yang jahat. Pada umumnya manusia tidak mau meninggalkan zona nyaman dalam hidupnya sehingga mereka berusaha keras bagaimana mempertahankannya. Dengan hati dan pikiran itulah manusia menentukan pilihan hidupnya, apakah ia akan berbuat baik atau berbuat jahat. Manusia selalu diberi kesempatan untuk memperbaiki hidupnya. Namun jika sudah diberi kesempatan, tetapi menolak kesempatan itu, ya sudah. Maka pada hari penghakiman itu ia menerima upah hidupnya. Kalau ia baik, akan memasuki hidup kekal, kalau jahat ia memasuki kepada api abadi di dalam neraka.

Oleh karena itu , yang namanya pertobatan menjadi syarat mutlak untuk memperoleh keselamatan hidupnya. Tapi kalau tetap menolak, maka tiada ampun lagi ia akan memasuki ratapan dan gertak gigi di dalam api neraka.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘syarat menuju kepada Kerajaan Surga adalah pertobatan’, Tuhan memeberkati.-***







UA-43404914-1