(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Kedatangan Kristus adalah kegenapan Hukum Taurat.

Posted at 14 Juni, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Kedatangan Kristus adalah kegenapan hukum Taurat. Hal ini seperti dikatakan oleh Yesus sendiri yang mengatakan: ” Janganlah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya” (Mat 5:17). Oleh karena itu Firman hari ini mengajak kita membuka kembali lembaran-lembaran kitab para nabi atau hukum Taurat bahwa Yesus itu adalah keniscayaan kegenapan hukum Taurat.

Dengan demikian Yesus adalah kegenapan wahyu dari Perjanjian Lama, dan Yesus merupakan pemenuhan hukum Taurat. Namun demikian, banyak orang masih menolak Yesus. Di antara orang banyak itu masih menyangka bahwa Yesus itu bukan apa-apa, paling banter sebagai seorang nabi. Apalagi Yesus itu hanyalah anak tukang kayu dari Nazareth yakni Yusup dan Maria. Mereka tidak melihat misteri Allah yang mau merendahkan diri sebagai manusia, bahkan menjadi manusia yang paling hina. Banyak orang salah sangka bahwa Yesus hanyalah manusia biasa, dan tidak punya kuasa apa pun termasuk hukum Taurat.

Jika meneliti Kitab Suci dengan hati terbuka, maka wahyu Allah itu akan dibukakan bagi orang yang percaya. Miskonsepi tentang Yesus itu terjadi di mana-mana. Dan tak mungkin Yesus itu adalah Tuhan Allah. Ini sama dengan pemikiran orang-orang Farisi dan ahli Taurat, bahwa Yesus itu hanyalah manusia biasa. Oleh karena itu, mereka terus berusaha membunuh-Nya, agar tidak menjadi batu sandungan bagi mereka ini. Mereka bahkan menuduh bahwa Yesus telah menghujat Allah, karena telah mengampuni dosa-dosa. Jika Yesus sendiri mengatakan bahwa Diri-Nya mempunyai kuasa mengampuni dosa, itu berarti memang Yesus adalah Allah yang hidup di tengah manusia. Dengan kebangkitan-Nya di antara orang mati, setelah disalibkan di kayu ibarat penjahat kelas kakap, berarti Yesus tidak mati lagi, tetapi hidup. Kesaksian para murid bahwa Yesus telah naik ke surga, di mana Ia berasal, lagi-lagi hal ini menegaskan bahwa Yesus telah kembali ke dalam Kerajaan Allah, di mana Ia meraja. Kesaksian para murid setelah beberapa kali menampakkan diri-Nya kepada rasul, dan kemudian Ia mengutus Roh Kudus kepada mereka, agar mereka berani menjadi saksi Kristus, bahwa apa yang disampaikan oleh Yesus adalah sebuah kebenaran. Tentang hal ini, Yesus sendiri menegaskan: ” Akulah jalan, dan kebenaran dan hidup. orang tak akan sampai kepada Bapa tanpa melalui Aku” (Yoh 14:6).Oleh karena itu, Yesus Kristus adalah pemenuhan seluruh nubuatan dari Perjanjian Lama dan Ia sungguh Allah dan sungguh manusia.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘Kedatangan Kristus adalah kegenapan hukum Taurat’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1