(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Jebakan pencobaan orang Farisi terhadap Yesus mengenai pajak

Posted at 6 June, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Jebakan pencobaan orang Farisi terhadap Yesus mengenai pajak adalah suatu tindakan kemunafikan berpikir orang Farisi dan kelompok Herodian. Orang-orang ini terus menebar kebencian terhadap Yesus yang pengikut-Nya kian hari kian bertambah. Semula mereka memuji-muji Yesus sebagai orang baik dan jujur, tapi itu kemunafikan belaka. Sebenarnya mereka ingin mencobai Yesus tentang pembayaran pajak kepada negara (kaisar).

Orangh-orang itu datang kepada Yesus dan bertanya: ” Guru kami tahu, Engkau seorang yang jujur dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melinkan jujur mengajar tentang jalan Allah. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada kaisar atau tidak?Haruskah kami bayar atau tidak?“. Itu sebuah pertanyaan menjebak Yesus, yang semula dengan kata-kata menyanjung, pada hal mengenai pajak Romawi sangat dibenci sekali oleh orang Yahudi, sebagai tanda bahwa mereka adalah bangsa yang ditaklukan. Pertanyaan menjebak itu mengandung masalah, bahwa jawaban yang meneguhkan akan memuakkan orang banyak, dan jawaban yang melarang akan menimbulkan kesukaran dengan orang Romawi. Jawaban atas pertanyan itu, kata-Nya:” Mengapa kamu mencobai Aku? Bawalah kepada-Ku satu dinar supaya Kulihat. Gambar dan tulisan siapakah itu”. Mereka menjawab:” Gambar dan tulisan kaisar”. ‘Kalau demikian, berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah”. Mereka pun kagum mendengar jawaban Yesus yang luar biasa.

Jawaban Yesus adalah salah satu dari jawaban pada ‘hari persoalan’ yang mengungkapkan kepada kebijaksanaan-Nya yang tidak terbantahkan dan paling sempurna, di mana jawaban Yesus ini menjadi suatu sikap orang Kristen terhadap negara. Baik tugas kepada negara dan beri kepada Allah tidak bertentangan. Atas jawaban Yesus ini, maka para orang Kristen perdana terbebas dari tuduhan tidak setia kepada negara.

Injil Markus (Mrk 12:13-17) ini mengajarkan kepada kita semua bahwa sebagai warga negara yang baik, kita pun harus membayar pajak kepada negara di mana pun berada. Dengan cara ini, maka kita terbebas dari tuduhan tidak setia kepada negara.

Olwh karena itu, sebagai pengikut Kristus harus taat kepada negara, dan juga taat kepada Tuhan yang telah memberikan segalanya kepada kita semua.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘ Jebakan pencobaan orang Farisi terhadap yesus mengenai pajak’, Tuhan memberkati.







UA-43404914-1