(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Roh Kebenaran akan memimpin Gereja kepada seluruh kebenaran.

Posted at 24 Mei, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Roh Kebenaran akan memimpin Gereja kepada seluruh kebenaran. Roh Kebenaran adalah Roh Kudus, yang juga Roh Penolong atau pun Roh Penghibur bagi para murid waktu itu, atau kepda Gereja-Nya saat ini. Roh Kudus ini adalah Roh Kebenaran yang akan memimpin kita semua paham tentang kedosaan, kebenaran dan penghakiman.

Besuk Gereja akan merayakan pesta Kenaikan Tuhan kita Yesus Kristus untuk kembali dan bersatu kepada Bapa-Nya di dalam Kerajaan Surga. Ia harus pergi dan meninggalkan para murid-Nya, sebab kalau ia tidak pergi, maka Roh Penolong tidak akan hadir. Roh Kudus ini yang akan menjadi saksi kebenaran, dan mengingatkan dunia tentang dosa, tentang kebenaran dan penghakiman. Yesus sendiri mengingatkan bahwa kalau Ia tidak pergi, maka Roh Kudus tidak hadir. Kalau Roh Kudus yang juga merupakan Roh-Nya Yesus memberi kesaksian tentang kebenaran. Roh Kudus memberikan kekuatan kepada murid dan saat ini Gereja-Nya untuk memberikan kesaksian tentang kebenaran.

Injil Yohanes (Yoh 16:12-15) hari ini berbicara bagaimana Roh Kudus mempunyai peran penting di dalam Gereja-Nya. Roh Kudus ini akan menjadi saksi tentang kebenaran yang disampaikan oleh Yesus, walau pun dunia menolak-Nya. Yesus mengingatkan kepada kita agar para murid tidak menolak-Nya walau harus dikucilkan oleh dunia atau bahkan dibunuh oleh dunia. Karena pada dasarnya dunia tidak punya kuasa atas jiwa kita. Sebagai pengikut Kristus, kita percaya bahwa Roh Kudus yang juga Roh Yesus terus mendorong untuk terus mewartakan khabar kebenaran.

Peringatan akan datangnya Roh Kudus pada hari Raya Pentaskosta merupakan peringatan lahirnya Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik. Hadirnya Roh Kudus merupakan Roh Yesus yang harus disembah dalam Roh dan Kebenaran. Karena Yesus sendiri menegaskan bahwa Diri-Nya adalah jalan, kebenaran dan hidup.

Baik sebagai jalan, dan kebenaran dan hidup, namun tidak sedikit orang menolak-Nya. Hal ini nyata karena Yesus secara manusia terlahir dari seorang manusia biasa dari Nazareth. Banyak orang memang tidak paham siapakah sosok Yesus itu. Mereka tidak dapat menerima-Nya. Penolakan itu makin hari makin masif. Tentang hal ini, Yesus mengatakan bahwa penolakan itu terutama karena mereka tidak paham akan Diri-Nya mau pun Bapa-Nya. Namun demikian, Yesus menegaskan agar para murid-Nya tidak menolak-Nya, walau harus dibunuh sekali pun. Karena nasib penolakan akan mengakibatkan kebinasaan mereka. Oleh karena itu Roh Yesus sebagai Roh Kebenaran akan menjadi saksi kebenaran yang akan menginsafkan mereka kepada dosa, kebenaran dan penghakiman.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang’ Roh Kebenaran akan memimp9in Gereja kepada seluruh kebenaran’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1