(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Roh Penolong akan menjadi saksi kebenaran tentang Kristus.

Posted at 22 Mei, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Roh Penolong akan menjadi saksi kebenaran tentang Kristus merupakan janji Kristus kepada para murid-Nya. Oleh karena itu mereka diminta untuk tidak gentar dan gelisah menghadapi dunia ini. Roh Penolong adalah Roh Kudus yang keluar dari Bapa, dan Roh Kudus ini akan bersaksi tentang kebenaran. Yesus juga meminta kepada para murid untuk berani bersaksi tentang Diri-Nya karena mereka sejak semula bersama Kristus.

Semuanya ini disampaikan oleh Kristus, supaya mereka tidak menolak Kristus. Karena akan saatnya, akan terjadi penganiayaan terhadap pengikut Kristus. Bahkan tidak hanya sekedar menolak, tetapi bahkan mereka akan membunuhnya karena Nama Kristus. Dan mereka pikir yang dapat menganiaya dan membunuh itu menyangka bahwa mereka berbakti kepada Allah. Kata-kata Yesus itu sbb:

Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbakti kepada Allah. Mereka berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa mau pun Aku (Yoh 16:2-3).Pullquote

Injil Yohanes (Yoh 14:26b-16:4a) hari ini menulis bagaimana Roh Kudus akan diberikan oleh Bapa agar para murid nantinya untuk menjadi saksi tentang kebenaran bahwa Yesus itu sungguh utusan Allah yang datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia. Roh Kudus ini adalah roh kebenaran. Dia tidak hanya akan menjadi saksi tentang kebenaran, tetapi juga memberikan kekuatan atau semangat dalam hidup ini.

Sebagai pengikut Kristus, kita juga diharapkan menjadi saksi Kristus. Untuk itu, kita diminta untuk tidak menolak Kristus, walau bahaya mengancam terhadap hidup kita. Hal ini telah dibuktikan oleh para rasul serta kudus lainnya yang hidupnya dibaktikan sepenuhnya demi Kristus. Berani mengurbankan hidupnya demi kebenaran. Kalau kita mewartakan kebenaran, maka hal itu identik dengan mewartakan Kristus, karena Kristus adalah kebenaran.

Orang benar adalah ia (mereka) yang tidak takut. Karena ia merasa di jalan Allah. Jadi Allah itu adalah kebenaran itu sendiri. Dan mereka yang menolak kita atau bahkan membunuh kita, karena mereka pada dasarnya tidak mengerti tentang Allah, walau mereka mengklaim sebagai bakti kepada Allah. Yesus menegaskan bahwa orang seperti itu pada dasarnya tidak mengenal Bapa mau pun Yesus dengan baik.

Dengan kata lain, penolakan mereka terhadap nama Yesus mau pun para murid-Nya, karena itu terpengaruh oleh orang yang tidak mengenal Allah dengan baik. Apakah mungkin Allah memerintahkan kepada manusia untuk bakti kepada-Nya walau harus dengan membunuh sesama manusia. Oleh karena itu, ajakan Yesus agar kita lebih banyak berdoa kepada-Nya agar Allah Bapa membuka hati mereka agar terus belajar mengasihi sesama. Yesus sendiri mengajarkan bahhwa Allah itu pada dasarnya kasih. Jadi tak mungkin Allah memerintahkan untuk membunuh sesama manusia.

Sebentar lagi, Gereja akan memperingati hari Raya Pentakosta, di mana Roh akan dicurahkan kepada Gereja, agar Gereja berani untuk mewartakan kebenaran. Gereja tidak gentar terhadap ajakan dunia untuk berkata-kata yang tidak benar.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘ Roh Penolong akan menjadi saksi kebenaran tentang Kristus’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1