(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Parakletos mengajar dan memimpin para murid kepada kebenaran yang hakiki.

Posted at 16 May, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Parakletos mengajar dan memimpin para murid kepada kebenaran yang hakiki. Parakletos atau Roh Kudus yang merupakan nafas atau pun Roh Yesus telah memberikan kesaksian kepada para murid dan saat ini kepada Gereja-Nya untuk menjadi saksi tentang kebenaran yang hakiki.

Yesus hari ini melalui Injil Yohanes (Yoh 14:27-31a) berbicara tentang kedamaian, tentang kepergian-Nya, tentang kuasa dunia dan hal=hal penting lainnya. Tentang kedamaian Yesus menegaskan bahwa kedamaian yang diberikan-Nya tidak sama dengan kedamaian yang diberikan oleh dunia. Sama tetap beda. Kedamaian yang Yesus berikan dengan kedamaian hati sewaktu di dunia ini dan kedamaian pada masa yang akan datang sewaktu bersama-sama di dalam Kerajaan Allah. Kedamaian yang diberikan oleh dunia sifatnya sementara. Kedamaian yang diberikan dunia sangat semu. Kita sering lupa bahwa apa yang kita dapat di dunia hanyalah pelipur lara, sangat sementara. Karena di balik kehidupan ini ada kehidupan lain yang abadi entah itu di dalam surga bersama para kudus atau hidup binasa bersama iblis. Iblis inilah yang saat ini menguasai dunia. Tapi iblis ini dapat dikalahkan oleh kuasa Yesus. Iblis sendiri mengakui bahwa Yesus adalah Yang Kudus dari Allah. Jadi, kalau kita bertekun dan setia kepada Tuhan, maka Tuhan akan membantu kita untuk melawan Iblis itu.

Berbicara tentang kepergian Yesus, bahwa Yesus harus pergi dan kembali kepada Bapa-Nya di mana Ia berasal. Di tempat ini Ia menyediakan tempat bagi kita yang beriman kepada-Nya. Ia akan datang kembali kepada kita sewaktu kita dipanggil dan sewaktu dunia ini berakhir (kiamat). Ia akan datang kembali dengan kemuliaan-Nya untuk mengadili orang hidup dan mati.

Tentang kuasa dunia, Yesus juga menegaskan bahwa kuasa dunia ini berada di tangan Iblis. Iblis terus berusaha mempengaruhi dunia dan menjebak dunia dan segala isinya di bawah kuasanya. Ia terus membuat kacau dunia, maka ia akan senang sekali kalau dunia ini dalam kepanikan, porak poranda, saling bertengkar satu sama lain, antara bangsa yang satu dengan bangsa lain. Dalam kondisi ini Iblis akan tertawa terkekeh-kekeh, karena jebakannya berhasil.

Oleh karena itu sebagai orang beriman, maka Yesus adalan Andalan kita. Yesus harus menjadi pusat seluruh kehidupan kita dan Sabda (Firman-Nya) menjadi inspirasi dan pegangan hidup kita. Mengapa? Karena Yesus telah mewahukan Diri-Nya bahwa Ia adalah jalan, dan kebenaran dan hidup. Orang tidak akan sampai kepada Bapa kalau tidak melalui Diri-Nya. Banyak hal telah disampaikan oleh Yesus kepada kita melalui Firman-Nya, kalau kita sungguh-sungguh mengimani, maka kita akan diselamatkan dan akan memperoleh hidup kekal.

Semuanya itu akan terjadi karena berkat Parakletos atau Roh Kudus yang sangat menghidupi orang beriman. Roh Kudus inilah yang memberi kesaksian, memberi kekuatan, dan yang terus mendorong kita untuk setia kepada Yesus Tuhan kita.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘parakletos mengajar dan memimpin para murid kepada kebenaran yang hakiki’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1