(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Jangan gelisah, dan percaya kepada Allah dan juga kepada Yesus.

Posted at 12 Mei, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Nasehat Yesus hari ini antara lain ‘jangan gelisah, dan percaya kepada Allah dan juga kepada Yesus. Hari ini Yesus kembali mengajak kita yang selalu dirundung kepada kegelisahan hidup agar percaya kepada Allah dan juga percaya kepada Yesus, karena Yesus dan Allah sebagai Bapa-Nya adalah satu. Memang tak disangkal bahwa ada begitu banyak orang terus gelisah hidupnya, walau dari mulutnya terus keluar dan menyebut Allah, Allah, bahkan terkadang dengan tanpa pantas. Mereka itu seperti kata Yesus kepada Filipus yang telah hidup bersama Yesus, namun masih bimbang tentang siapakah yang dimaksud dengan Allah itu. Dengan kata lain, kegelisahan Filipus adalah kegelisahan kita terhadap Yesus.

Barangkali kita telah menerima Sakramen Baptis (baru saja) atau sudah puluhan tahun, namun hidup kita yang biasa-biasa saja, bahkan cenderung kita mengalami kemunduruan dalam iman kita kepada Yesus. Itu semua disebabkan oleh iman kita terhadap Yesus. Kita selalu menggampangkan (take it for granted), sehingga tidak ada tantangan (challenge) dalam kehidupan iman kita. Kita perlu semangat baik dalam suka dan duka lebih-lebih dalam mengimani akan Yesus sebagai Tuhan sekaligus Juru Selamat kita. Kita banyak terlena dalam hidup ini. Kita selalu beranggapan segalanya mengalir begitu saja. Yang berpikir seperti ini seolah tidak ada tantangan hidup dalam dirinya. Semuanya sudah beres. Ternyata dari pengalaman banyak orang termasuk pengalaman para rasul, semuanya itu harus diperjuangkan. Tidak ada yang serba gratis. Yang gratis hanya yang berasal dari Allah, itu pun harus tetap kita mohonkan kepada-Nya.

Pesan Yesus kepada kita semua yang merasa gelisah, Yesus mengatakan: ” Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seoang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak memlalui Aku. Sekiranya kamu mengal Aku, pati kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia, dan kamu melihat Dia (Yoh 14:6-7).

Oleh karena itu, ketika kita mengalami kegelisahan, mari kita datang kepada Yesus dan ketika kita mengalami kebutaan hati yang tidak dapat paham (melihat) Allah, Yesus dengan tegas mengatakan: ” Siapa saja telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa. Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku, atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri“.

Apa yang diungkapkan di atas adalah buah permenungan dari Injil Yohanes (Y0h 14:1-6) agar kita dijauhkan dari kegelisahan dalam kehidupan ini.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘ Jangan gelisah, percayalah kepada Allah dan juga kepada Yesus’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1