(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Mewartakan Injil ke seluruh dunia untuk segala makluk.

Posted at 25 April, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services

Sebelum naik ke surga, Yesus berpesan kepada para murid-Nya untuk ‘mewartakan Injil ke seluruh dunia untuk segala makluk’. Dengan kata lain, Injil sebagai warta suka cita keselamatan tidak semata untuk orang-orang Yahudi, tetapi untuk segala makluk di seluruh penjuru dunia. Banyak orang di antara kita alergi mendengar perkataan Injil. Injil adalah khabar gembira, khabar suka cita keselamatan. Namun demikian, tidak banyak orang suka mendengar perkataan itu, bahkan mereka alergi atau menolak mentah-mentah.

Bagi para murid Yesus, inilah tugas mereka yang utama setelah Gurunya tidak bersama mereka. Warta sukacita ini sekarang dibebankan kepada Gereja Kristus untuk mewartakan warta keselamatan ini.

Menurut Injil Markus (Mrk 16:15-20) hari ini, para murid diperintahkan untuk mewartakan Injil untuk segala makluk ke seluruh penjuru dunia. Dan siapa saja yang percaya dan dibaptis, akan diselamatkan, sementara yang tidak percaya akan dihukum. Bagi mereka yang percaya, akan tanda-tanda yang menyertai orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi Nama Yesus, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa baru bagi mereka, sekali pun mereka memegang ulang dan minum racun mereka tidak akan mendapat celaka. Mereka akan meletakkan tangannya atas orang-orang sakit dan orang ini akan sembuh.

Sebagai anggota Gereja dalam persatuannya para kudus, maka kita mempunyai tugas mewartakan khabar keselamatan kepada dunia khususnya di lingkungan kita sendiri. Pesan itu kemudian dilang terus-menerus oleh para imam sewaktu kita mengikuti perayaan Ekaristis bersama umat lainnya. Oleh karena itu, kita berpendapat bahwa pesan Yesus kepada murid-Nya juga disampaikan kepada kita semua. Kita juga adalah murid-murid-Nya, dan juga kita juga mempunyai tugas untuk mewartakan kebaikan-kebaikan Tuhan.

Jadi, kita tidak hanya pandai berdoa dan mengikuti acara Gereja di Gereja dalam perayaan Ekaristi, kita harus mewartakan khabar kebaikan Tuhan. Karena sebagai orang beriman, kita percaya kita mempunyai tugas sebagaimana dibebankan kepada para rasul. Dalam perbuatan-perbuatan baik itu, kita juga mendapat tugas untuk mendoakan mereka yang sakit dan bahkan mengusir roh-roh jahat dalam Nama Yesus, dan roh-roh itu akan keluar dari tubuh orang itu dan yang sakit pun menjadi sembuh. Yesus sudah memberikan karunia sebagai orang beriman dengan tanda-tanda sebagaimana disebutkan di atas.

Dan bagi orang yang percaya, Tuhan akan menyertai mereka dan meneguhkan mereka serta mengaruniakan tanda-tanda (mukjizat). Dan hal ini terjadi tidak hanya pada murid-murid-Nya tapi bagi semua orang yang percaya akan Nama Yesus yang menyembuhkan. Dengan demikian tugas Gereja belum berakhir, masih akan terjadi sampai akhir dari segalanya.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘mewartakan Injil ke seluruh dunia kepada segala makluk’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1