(UA-34197703-1)


AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (Yoh. 14:6)



Yesus Membuka Pikiran para murid-Nya.

Posted at 20 April, 2017 by kuasa on category Renungan
translation services


Ketika Yesus menampakkan diri kepada para murid-Nya, Yesus membuka pikiran para murid-Nya. Peristiwa kematian Kristus belum menghilangkan perasaan takut para murid-Nya. Hati mereka masih penuh keraguan dan kacau. Harapan-harapan mereka menjadi kacau. Mereka selama ini masih menghendaki agar Gurunya kelak menjadi pemimpin Israel, tetapi ternyata keliru. Kematian Kristus membuat hati dan pikiran mereka buyar.

Apa yang terjadi setelah penampakan Yesus kepada para murid-Nya? Tentu saja mereka sangat senang. Tapi masih belum percaya. Bagaimana Yesus memasuki ruang mereka yang terkunci. Yesus pun dikira hantu, dan bukan Tuhan. Namun setelah Yesus membuka pikiran mereka, akhirnya mereka sadar bahwa itu sungguh-sungguh Guru-nya. Kata Yesus kepada mereka:”Mengapa kamu terkejut dan apa sebab timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku”. Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Ketika Yesus melihat mereka masih bengong, dan kurang percaya, Yesus pun berkata kepada mereka:” Apakah kamu punya makanan di sini”. Yesus memperlihatkan kepada mereka bahwa Ia bukan hantu, dan Ia pun makan sepotong ikan goreng di depan mata mereka.

Kemudian Yesus pun berkata:” Inilah perkataan-Ku yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu yakni bahwa harus digenapi semua yang tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur”. Lalu Yesus pun membuka pikiran para murid-Nya sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Seperti tertulis dalam Kitab suci:” Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga. Dalam Nama-Nya berita tentang pertobatan untuk pengampunan dosa harus diampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Dan para murid Yesus ini telah menjadi saksi-saksi-Nya“.

Dengan kebangkitan Kristus dan penampakan mereka kepada para murid membuktian bahwa Kristus Tuhan itu memang hidup, sehingga kita memiliki harapan ke depan. Kristus yang bangkit itu harus disembah dalam Roh dan kebenaran, dan Yesus lah yang memberikan keselamatan dengan penghapusan akan dosa mereka. Oleh karena itu, kebangkitan Kristus yang hidup merupakan sumber harapan dan iman akan penebusan umat manusia atas dosa-dosanya. Hanya pada-Nya keselamatan itu ada.

Oleh karena itu, orang tidak akan datang kepada Allah Bapa tanpa melalui Dia. Karena hanya melalui Dia, dan di dalam Dia, kita menerima keselamatan penuh melalui pertobatan akan penghapusan dosa – dosa kita.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini yang merupakan inspirasi dari Injil Lukas (Luk 24:35-48) tentang ‘Yesus membuka pikiran para murid-Nya’, Tuhan memberkati.-***







UA-43404914-1