Kedatangan Kristus yang kedua.

translation services

Injil Lukas (Luk 21:2028) menegaskan tentang ‘kedatangan Kristus yang kedua”. Kehadiran di dunia ini bukan untuk jalan-jalan, tapi ada tugas khusus yakni menghakimi. Hari penghakiman dunia itu merupakan tanda akhir zaman. Tanda-tanda akhir zaman menurut Kitab Suci cukup mengerikan. Selain tanda-tanda di langit akan runtuh, tetapi juga terjadi bangsa melawan bangsa, adanya penyakit sampar, adanya konflik antar keluarga, dan juga akan terjadi penganiayaan besar terhadap pengikut Kristus.

Kedatangan Kristus yang kedua (parousia) untuk menghakimi umat manusia di akhir zaman ditandai dengan tanda-tanda alami yang mengerikan. Penginjil Markus menyebutkan tanda-tanda itu lebih rinci sbb:” Matahari akan gelap, dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit” (Mrk 13:24b-25a). Peristiwa itu tentu saja akan menakutkan banyak orang. Akan ada kebingungan, ketakutan yang luar biasa di bumi, banyak orang mati karena ketakutan, dan banyak tanda-tanda lain yang akan menyertai kedatangan Anak Manusia.

Secara liturgis, minggu ini adalah minggu terakhir dalam tahun liturgi. Secara biblis, dalam minggu terakhir, bacaan juga bicara tentang akhir zaman. Peristiwa seperti Yerusalem dikepung, orang-orang melarikan diri, ibu-ibu hamil akan celaka. Banyak orang akan tewas dan lainnya akan menjadi tawanan. Namun dari sisi lain, banyak orang atau kita akan melihat Anak Manusia nampak di atas awan dan bahwa penebusan sudah mendekat.

Mendekati akhir zaman, kita dapat merasakan nilai-nilai iman dan kebaikan terus dibangun dari waktu ke waktu. Bagi banyak orang akhir zaman adalah sesuatu yang menakutkan, tapi sebagian lagi yang mengimani akan Kristus, maka inilah saatnya kita bertemu dengan Kristus yang akan menjadi Hakim Agung pada akhir zaman. Ia akan menunjukkan kemahakuasaan-Nya atas seluruh ciptaan bahwa Diri-Nya adalah Allah yang hidup yang akan mengadili orang hidup dan mati. Bagi orang beriman, kedatangan Kristus adalah penggenapan nubuat-Nya untuk menyelamatkan banyak orang yang setia kepada-Nya. Kehadiran Kristus yang kedua (parousia) adalah tanda pembebasan dari dosa karena darah Kristus telah ditumpahkan bagi keselamatan banyak orang. Bagi yang menolak, maka mereka akan dihukum dan bagi mereka yang percaya serta melaksanakan perintah-Nya, mereka akan diberi hidup, yakni kehidupan yang penuh damai sejahtera di dalam Kerajaan Surga.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang’kedatangan Kristus yang kedua’, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.