translation services

Yesus pernah bersabda bahwa angkatan ini adalah angkatan yang jahat, sebab mereka minta tanda, sementara itu Ia menegaskan bahwa diri-Nya adalah tanda masa kini. Ketika orang banyak meminta tanda dari Yesus, justru Yesus menegur dengan keras bahwa Diri-Nya tidak akan membuat tanda (mukjizat) selain tanda Yunus. (Luk 11:29-32)

Orang-orang Niniwe bertobat karena peringatan dari Yunus, namun Yesus menolak memberi mukjizat kepada orang-orang yang datang kepada-Nya. Yang jelas bahwa mukjizat yang diperbuat Yesus jauh lebih besar dari pada Yunus. Jadi wajarlah kalau Yunus adalah tanda untuk orang Ninive, sementara Yesus adalah tanda orang pada masa kini. Yesus sebagai tanda masa kini adalah pembawa keselamatan bagi mereka yang percaya. Kehadiran Yesus yang sudah diramalkan oleh para nabi, adalah Tuhan yang hadir di tengah umat-Nya sebagaimana diramalkan oleh para nabi. Namun demikian kehadiran-Nya ditolak oleh orang-orang yang cukup terpelajar seperti orang Farisi dan ahli Taurat. Kedua komunitas ini sama sekali tidak menyukai kehadiran Yesus, apalagi Yesus tidak hanya memberikan pengajaran tentang kabar keselamatan, namun juga disertai dengan pembuatan mukjizat-mukjizat yang spektakuler. Yang mati dihidupkan, yang sakit disembuhkan, yang lumpuh dibuat-Nya berjalan, yang buta dicelikkan matanya, angin ribut dijadikan reda, yang menderita kusta ditahirkna. Semua sakit penyakit disembuhkan, tidak ada yang disembuhkan. Oleh karena itu pengikut Yesus setiap hari terus bertambah.

Memang orang dunia lebih suka mengagumi tokoh-tokoh yang spektakuler, seperti misalnya ratu Syeba sangat mengagumi Salomo, karena kebijaksanaannya. Pada hal Yesus ini lebih dari Yunus atau Salomo. Namun demikian tidak banyak orang suka akan hal itu. Memang yang menolak umumnya orang-orang yang merasa agamanya paling benar. KehadiraN Yesus adalah untuk menyempurnakan Hukum Taurat, dan bukan untuk menghapusnya. Bahkan Yesus sudah menegaskan bahwa tak satu iota pun akan dihilangkan.

Berbicara pada akhir zaman, para haters Yesus ini akan dihukum, sekiranya mereka tidak bertobat. Kalau orang-orang Ninive bertobat karena pewartaan Yunus, tapi bagi mereka yang menolak-Nya tidak akan diberikan ampunan sekiranya mereka tidak bertobat. Dengan kata lain pertobatan menjadi sangat penting bagi keselamatan banyak orang. Dan ini sesuai janji Yesus, bahkwa kehadiran-Nya bukan untuk membinasakan-Nya tapi untuk menyelamatkan-Nya.

Dengan kata lain, kehadiran Yesus adalah tanda bagi keselamatan bagi mereka yang percaya kepada-Nya.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘Yesus adalah tanda masa kini’, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan