translation services

Dalam Injil Matius (Mat 14:13-21), Yesus memerintahkan para murid-Nya agar orang banyak itu tak perlu pergi, tapi biar kalian memberi makan mereka. Tentu apa yang disampaikan Yesus karena belas kasihan kepada orang banyak. Namun demikian para murid ini tidak mengerti maksud Yesus, bahkan para murid pun menggerutu bagaimana memberi makan orang sebanyak itu. Duitnya dari mana, di mana mendapatkan makanan untuk sebanyak orang itu?

Banyak orang terus mencari Yesus. Ada yang memang tertarik dengan ajaran Yesus, namun tidak sedikit hanya mencari kesembuhan atau makanan yang diberikan oleh Yesus. Jadi, mereka bergabung bersama Yesus tidak semata-mata untuk mendengarkan ajaran yang baru, tetapi juga mempunyai kepentingan lainnya.

Kata-kata Yesus hari ini antara lain kalian saja memberi makan mereka. Tentu saja jika hal ini terjadi masa sekarang ini, mungkin bukan makanan jasmani, tetapi makanan rohani. Sebenarnya manusia saat ini sangat membutuhkan makanan rohani karena banyaknya kejahatan di dunia, sebenarnya mereka haus akan makanan rohani. Tapi karena mereka sudah menutup pintu hati untuk Tuhan, maka di dada mereka terdapat kemarahan, kebencian, iri hati, ketamakan, kemalasanan, dan kesombongan yang terud mengintai hati mereka. Mereka tidak sadar, dan membutuhkan sentuhan-sentuhan tangan Tuhan. Mereka sangat membutuhkan makanan rohani agar hidup mereka mengalami damai sukacita. Semuanya ini akan terjadi kalau hidup mereka berpusat pada kebenaran.

Para murid Yesus adalah siapa saja yang mengikuti-Nya dan melaksakan perintah-Nya. Kita sebagai orang beriman adalah murid-murid Yesus dan diutus untuk mewartakan kebenaran, dan kasih TUhan, agar hidup mereka mengalami damai sejahtera dan sukacita. Dengan kata lain, kita diminta untuk menjadi saksi-saksi Kristus yang telah berkurban dan menyerahkan nyawa-Nya bagi keselamatan banyak orang.

Pada kesempatan ini Yesus juga mengajarkan bagaimana dalam tugas perutusan itu mewartakan damai sejahtera dan sukacita dalam terang Roh Kudus, tetapi semuanya dilaksanakan karena belas kasih. Tuhan telah mengajarkan suatu perintah baru yakni belas kasih. Dengan belas kasih itulah kita melaksanakan perintah Tuhan. Karena dengan belas kasih itu, kita melaksanakan perintah Tuhan yakni kasihi Tuhan Allahmu secara totalitas dan mengasihi sesamamu seperti dirimu sendiri. Mengasihi orang lain berarti mengasihi Tuhan melalui sesama kita.

Apakah perintah baru Tuhan ini sudah kita laksanakan, Andalah yang tahu.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang’ mereka tak perlu pergi dan kalian saja memberi makan mereka’, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan