translation services Bagaimanakah tentang permuridan Yesus itu? Untuk itu, Yesus mengatakan:” Jikalau kamu tetap dalam Firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dam kebenaran itu akan memerdekakan kamu“.

Dengan kata lain, permuridan Yesus berarti menerima dan percaya bahwa semua yang Yesus katakan tentang Firman-Nya adalah kebenaran. Jika seseorang menerima kebenaran, maka ia akan dimerdekakan. Jadi, permuridan Yesus juga berarti tinggal di dalam Firman-Nya. Tugas seorang murid yang utama dan pertama adalah percaya kepada kata-kata gurunya. Dan tidak hanya percaya saja, tetapi juga melaksanakan Firman itu sebagaimana guru sarankan.

Kita mengimani bahwa kehadiran Yesus di dunia adalah sebagai sumber keselamatan. Mukjizat Yesus yang dikerjakan untuk pelbagai penyakit dan masalah-masalah lain yang diselesaikan adalah suatu bukti bagaimana Yesus telah menjadi sumber kesembuhan dan tentu saja keselamatan. Tidak ada masalah yang tidak diselesaikan, semuanya beres.

Yesus sebagai represenatif Allah di dunia telah membebaskan manusia dari belenggu dosa dan membawa kemerdekaan bagi yang percaya. Memang tidak semua orang percaya akan ajaran atau kehadiran Yesus sebagai sumber keselamatan. Dengan kata lain, mereka ini menolak keselamatan yang ditawarkan oleh Yesus.

Permuridan Yesus membutuhkan ketekunan dan kesetiaan. Menjadi murid Yesus tentu tidak hanya sekedar mendengar, lantas tidak berbuat apa-apa. Menjadi murid berarti aktif menjadi saksi Kristus bagaimana Sang Guru ajarkan dan kerjakan. Oleh karena itu permuridan Yesus berarti pula harus ikut aktif ambil bagian dan ikut mewartakan kebenaran dan kebaikan Gurunya dalam ini adalah Tuhan Yesus.

Ketika dunia terus dilanda dengan segala hedonisme dan konsumerisme, egoisme, kebencian dan kekerasan dengan saling membunuh, maka bacaan Injil Yohanes ((Yoh. 8:31-42) meneguhkan kita sebagai para murid-Nya dalam membangun relasi dengan Tuhan dengan saling mengasihi satu sama lain sebagai wujud dari penyerahan kita akan kehendak-Nya dan itulah buah iman kita. Kehadiran Yesus membawa kesembuhan dan juga keselamatan.

Permuridan Yesus membutuhkan suatu komitmen yang sungguh-sungguh. Dengan demikian kita akan menjadi murid yang sejati. Yesus secara manusia adalah anak Maria dan Yusup supaya Ia diakui sebagai bagian dari manusia. Tetapi Ia sendiri berkali-kali mengatakan bahwa Diri-Nya bukan berasal dari dunia. Ia adalah Mesias, Anak Allah yang hadir di dunia untuk membebaskan mansuai dari belenggu dosa. Dialah sumber keselamatan.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari tentang ‘permuridan Yesus’, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan