Yesus memperkenalkan Bapa yang baik.

[su_dropcap style=”light” size=”5″]D[/su_dropcap]alam kotbah-Nya di bukit, Yesus berkata kepada para murid-Nya:” Mintalah, maka kamu akan diberi, carilah, maka kamu akan mendapat, ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta akan menerima, setiap orang yang mencari akan mendapat, dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu akan dibagikan”. Kemudian Yesus menambahkan:” Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia minta roti, atau memberi ular, jika ia minta ikan?Jadi jika kamu yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga. Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya”.

Melalui Injil Matius (Mat 7:7-12), Yesus memperkenalkan Bapa-Nya yang baik. Sebagai Bapa yang baik, maka Ia memberikan yang baik kepada siapa saja sesuai dengan kehendak-Nya. Kalau manusia yang sering dianggap jahat saja memberikan yang baik kepada anak-anaknya, apalagi Bapa yang baik, Ia akan memberikan yang baik kepada siapa saja.

Yesus mewahyukan Allah sebagai Bapa yang baik, yang sangat peduli kepada anak-anak-Nya. Yesus membandingkan antara manusia yang jahat dengan Bapa-Nya yang baik memperhatikan anak-anak_Nya dengan baik. Dari gambaran di atas, maka Allah itu harus didekati dengan doa. Doa adalah bentuk pendekatan manusia kepada Allah, dan Allah pasti akan mengabulkannya seturut kehendak -Nya. Tentu dalam doa barangkali tidak akan segera dijawab seperti membalikkan tangan. Semuanya ada proses apakah doa kita dijawab atau ditolak. Lho katanya Bapa yang baik, kok menolak doa permohonan kita. Tentu Allah juga akan melihat apakah ada hal-hal yang harus diperbaiki dalam hidup manusia agar permohonannya dikabulkan. Oeh karena itu, ada yang disebut halangan-halangan dalam doa. Dosa berat, napsu doa, dendam dan yang sejenisnya pasti menghalangi doa-doa kita. Oleh karena itu, Yesus menegaskan bahwa sebelum memberikan persembahan kepada Allah, agar berdamai terlebih dahulu kepada sesamanya, agar Allah mengabulkan doa-doa kita.

Pada dasarnya Allah itu sungguh maha rahim, Ia akan memelihara hidup kita apabila kita menuruti perintah-Nya dan melaksanakan dengan baik dan benar. Sebagai Bapa yang baik, Ia tidak pernah menolak segala yang kita cari, dan segala yang kita minta tapi dengan syarat apabila kita menuruti dan melaksanakan perintah-Nya.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini tentang ‘Yesus memperkenalkan Bapa yang baik’, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.