Mengikuti Yesus itu sulit.

translation services Hidup untuk mengikuti Yesus itu ternyata tidaklah mudah sebagaimana diucapkan. Jadi wajarlah kalau banyak orang menolak Yesus. Banyak pula yang mau mengikuti Yesus, tetapi mereka tidak mau memanggul salib dan menyangkal diri. Pada hal memikul salib dan menyangkal diri adalah persyaratan yang harus ditempuh, kalau orang itu benar-benar mau mengikuti Yesus. Bagi mereka yang lebih menyukai kesenangan dunia, pasti tidak suka dengan ajaran Yesus apalagi mengikuti-Nya. Mereka beranggapan ajaran Yesus itu tidak membumi, jauh dari harapan manusia untuk hidup bahagia secara duniawi. Oleh karena itu, mengikuti Yesus bagi sebagian orang cukup sulit.

Tentu inspirasi dari bacaan Injil Lukas (Luk 9:22-25) hari ini mau menjelaskan bahwa mengikuti Yesus itu perlu suatu komitmen yang kuat karena banyaknya tantangan yang harus dihadapi. Tantangan utama yang harus dihadapi antara lain goda dunia yang begitu besar dan luas yang bentuknya beraneka ragam. Tawaran Yesus kepada pembaca-Nya apalagi yang ingin menjadi murid-Nya adalah harus memikul salib dan menyangkal diri. Memikul salib berarti kita siap dan berani menangung segala konsekuensi karena kita mengenakan baju sirah salib Kristus. Memanggul salib berarti mau seperti Kristus atau menjadi Kristus yang lain.

Salib itu anugerah Tuhan yang boleh dialami dan dirasakan oleh kita semua. Sebagian dari kita memang ada yang mengalami salib itu sedemikian berat, ada pula yang ringan, atau bahkan ada yang biasa-biasa saja. Itu semua menjadi berkat bagi kita karena kita berani memikul salib. Kita tak dapat menghindar dari salib, oleh karena itu kita harus memeluknya seerat-eratnya.

Penyangkalan diri dan memikul salib sebagaimana disampaikan di atas adalah syarat mengikuti Yesus, jika ingin menjadi murid yang sejati.

Mengikuti Yesus tidak bisa setengah-stengah atau suam-suam kuku. Seharusnya kita total dalam mengikuti Yesus. Janji Kristus kepada yang mengikuti-Nya adalah Kerajaan Surga di mana kebenaran, damai sejahtera dan sukacita dalam terang Roh Kudus akan dianugerahkan kepada mereka.

Apakah kita sebagai murid Yesus sudah mengikuti-Nya dengan tulus dan totalitas. Andalah yang tahu, karena Anda yang menjalankannya.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini dengan tema’ Mengikuti Yesus itu sulit’, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.