translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes 1:29-33 dengan tema:” Saatnya datang, kamu akan dicerai beraikan”. Inilah salah satu amanat Yesus dalam perpisahan-Nya dengan para murid-Nya. Yesus telah berkata terus terang kepada mereka, bahwa mereka akan dicerai beraikan. Masing-masing ke tempatnya sendiri dan mereka akan meninggalkan Yesus sendirian. Namun Yesus menegaskan bahwa Ia tidak seorang diri, karena Bapa beserta-Nya. Semuanya ini dikatakan oleh Yesus supaya mereka memperoleh damai sejahtera dalam Nama-Nya. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan. tetapi kuatkanlah hatimu, karena Yesus telah mengalahkan dunia”.

Inspirasi dari bacaan Injil Yohanes hari ini tentang ‘saatnya datang, kamu akan dicerai beraikan”, merupakan amanat Yesus kepada para murid-Nya. Dunia akan membenci dan menganiaya mereka karena mereka telah memilih jalan hidupnya menjadi pengikut Kristus. Yesus berulang kali menegaskan kepada murid-Nya termasuk Gereja-Nya bahwa jalan yang ditempuh adalah ‘via dolorosa’. Jalan yang penuh kesengsaraan.

Namun demikian, setelah Yesus kembali kepada rumah Bapa-Nya di surga, Ia akan mengutus Roh Kudus-Roh Kebenaran kepada Gereja-Nya agar mereka berani dan teruji dalam menghadapi dunia yang telah dikalahkan. Dengan kematian Yesus di salib, Yesus telah mengalahkan dunia. Dosa dan maut telah dikalahkan-Nya dan tidak menguasai lagi. Roh Kudus yang dicurahkan kepada para murid-Nya dan juga kepada Gereja-Nya agar mereka kuat. Roh Kudus yang akan menginsafkan mereka akan dosa, kebenaran dan penghakiman. Oleh karena itu Yesus juga berdoa kepada Bapa-Nya dalam perjamuan terakhir agar Bapa-Nya memelihara mereka, menjadikan mereka bersatu padu, dijauhkan dari yang jahat serta dikuduskan dalam kebenaran. Itulah permohonan Yesus kepada Bapa-Nya agar para murid dan Gereja-Nya bisa bertahan menghadapi dunia ini. Mereka terus dikuatkan walau bada dunia terus menghantam mereka. Yesus sendiri sudah berjanji akan menyertai mereka dan juga Gereja-Nya sampai akhir zaman. Berkat Roh Kudus, Gereja Kristus yang didirikan lebih dari 2000 tahun yang lalu, tetap kokoh kuat menghadapi gempuran dunia. Itulah karya Roh Kudus yang terus menjaganya agar mereka nantinya memperoleh damai sukacita. Itulah sedikit gambaran tentang ‘saat datang, kamu akan dicerai beraikan’.

Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-**8

Tinggalkan Balasan