translation services

Renungan Kuasa Doa hari Minggu ini diambil dari bacaan Injil Yohanes 17:11b-19 dengan tema:” Doa Yesus bagi para murid-Nya”. Dalam perjamuan malam terakhir, Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi semua murid-Nya, tentu saja termasuk para pengikut-Nya. Bagaimana doa Yesus itu para murid-Nya? Ada beberapa hal doa Yesus kepada murid-Nya.
Doa Pertama, Yesus berdoa Bapa-Nya kudus untuk memelihara mereka dalam nama-Nya.
Doa Kedua, Yesus berdoa kepada Bapa-Nya agar para murid-Nya menjadi satu.
Doa Ketiga, Yesus memohon kepada Bapa-Nya melindungi mereka dari yang jahat.
Doa Keempat, Yesus memohon agar para murid-Nya dikuduskan di dalam kebenaran.

Inspirasi dari bacaan Injil Yohanes hari Minggu ini antara lain bagaimana Yesus berdoa bagi para murid-Nya serta para pengikut-Nya yakni agar Bapa memelihara hidup mereka, agar mereka menjadi satu, agar melindungi mereka dari yang jahat serta menguduskan dalam kebenaran.

Tentu saja doa Yesus ini masih berlaku hingga saat ini yang intinya agar Tuhan selalu memelihara kita, dan melalui Kuasa Roh Kudus kita bersatu sama lain, menjauhkan dari yang jahat serta menguduskan mereka dalam kebenaran. Untuk itu Yesus telah memberikan Firman-Nya kepada mereka. Namun demikian, dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia. Untuk itu Yesus berdoa agar mereka dijauhkan dari yang jahat. Dan doa terakhir adalah agar mereka dikuduskan di dalam kebenaran.

Seperti diketahui tanpa kekudusan hidup, maka kita pun tidak mungkin ambil bagian di dalam Kerajaan Allah. Dan mereka yang memiliki Kerajaan Allah adalah mereka yang hidupnya benar. Dan apabila mereka dikuduskan di dalam kebenaran, maka mereka pasti akan memiliki damai sejahtera dan sukacita dalam Terang Roh Kudus.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari Minggu ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan