translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil bacaan Injil Yohanes 10:1-10 dengan thema:” Pintu keselamatan”. Injil Yohanes hari ini mengisahkan Yesus yang berbicara dengan orang-orang Farisi. Melalui Injil Yohanes ini ditekankan bagaimana orang akan selamat. Barangsiapa ingin selamat, ia akan masuk pintu keselamatan. Dan pintu keselamatan itu adalah melalui Yesus. Yesus menegaskan:” Sesungguhnya Akulah pintu kepada domba-domba itu. Semua orang yang datang sebelum Aku adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat; ia akan masuk dan ke luar dan menemukan padang rumput. Pencuri datang hanya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan. Aku datang supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan”.

Inspirasi dari bacaan Injil Yohanes hari ini antara lain bahwa Yesus adalah satu-satunya pintu keselamatan untuk memperoleh hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Sebagai pintu dan jalan keselamatan, Yesus telah menyediakan diri-Nya. Sebagai pintu keselamatan, Ia sangat mengenal kawanan, mengenal satu-persatu nama dari kawanan domba itu. Ia juga tidak mau ada kawanan yang nyelonong membelot tanpa tuntunan.

Yesus adalah pintu keselamatan
Yesus adalah pintu keselamatan kepada Allah. Oleh karena itu, barangsiapa mengenal Yesus, ia juga akan mengenal Allah. Tanpa Yesus kita tidak mungkin mengenal Allah dengan baik dan hidup dalam semangat Allah. Tanpa Dia, kita tidak akan mengalami kebahagiaan bersama Allah.

Dunia dewasa ini menawarkan segala bentuk atraksi yang luar biasa. Ada yang menawarkan kekayaan, kepuasan napsu, kehormatan, kekuasaan, dll. Masing-masing atraksi memberikan pintu/jalan masing-masing. Untuk itu, Yesus juga memberikan pintu pemuas hidup rohani sebagai pintu keselamatan. Atraksi yang diberikan Yesus sangat berbeda dengan atraksi yang diberikan dunia. Rasanya juga berbeda.

Dalam hidup ini sebenarnya ada dua pilihan, antara pintu keselamatan atau pintu kebinasaan. Berjalan dan masuk melalui pintu keselamatan yang ditawarkan oleh Yesus, maka benar-benar kita akan selamat. Tetapi menolak, maka kita akan memasuki pintu kebinasaan. Banyak contoh di dunia yang dapat kita lihat, apakah mereka itu di jalan pintu keselamatan atau pintu kebinasaan. Bukan maksud untuk mengadilinya, tetapi sikap dan perilaku manusia yang memasuki pintu keselamatan berbeda dengan mereka yang memasuki pintu kebinasaan.

Bagaimana anda, anda sendirilah yang tahu. Demikianlah refleksi Kuasa Doa hari ini Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan