translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes 6:22-29 dengan tema:”Mencari makanan rohani”. Injil Yohanes hari ini mengisahkan bagaimana banyak orang mencari Yesus. Namun sedikit kekecewaan mereka, karena mereka tidak menemukan Yesus. Akhirnya dalam pencahariannya, mereka menemukan Yesus juga di daerah Kapernaum. Lalu mereka bertanya:” Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?”. Jawab Yesus:”Sesungguhnya kamu mencari Aku bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti sampai kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya“. Kemudian mereka bertanya kepada-Nya:” Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?”. Jawab Yesus:” Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah”.

Inspirasi dari Injil Yohanes ini antara lain bahwa kita diminta untuk mencari makanan yang tidak binasa. Makanan apakah yang tidak binasa itu? Bukankah semua makanan yang tersedia akan menjadi basi dan kemudian dibuang? Untuk itu Yesus menegaskan agar kita semua mengusahakan mencari makanan yang bertahan sampai hidup kekal? Tentu hal ini akan menimbulkan pertanyaan? Karena semua makanan pasti ada masanya (expired), jadi tidak ada makanan yang bertahan lama apalagi bertahan sampai kepada hidup kekal. Tentu saja ini bukan makanan duniawi, tetapi makanan rohani. Yesus berkehendak agar kita semua mencari makanan yang diberikan oleh-Nya. Bagaimana bentuk makanannya? Makanan pertama, percaya kepada-Nya bahwa Dia lah yang disahkan oleh Bapa di surga. Makanan kedua, turutilah perintah-Nya dan melaksanakannya”. Inilah makanan yang tidak akan membawa kebinasaan. Analog dengan ini dalam Matius 4:4 juga dikatakan:” Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi setiap Firman yang keluar dari mulut Allah“. Dari ungkapan di atas, maka dalam hidup ini kita tidak semata berburu rezeki atau mencari uang semata, kita juga harus memperhatikan kebutuhan rohani kita. Yang paling ideal itu adalah hidup seimbang (balanced) antara kebutuhan jasmani mau pun rohani.

Inspirasi mencari makanan untuk hidup kekal berarti mencari makanan rohani bukan untuk kepentingan jasmani tetapi makanan untuk hati kita, iman kita.

Demikianlah relfkesi Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan