translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Yohanes (Yoh 6:16-21) dengan tema:” Jangan takut”. Injil Yohanes hari ini mengisahkan tentang para murid Yesus yang ingin menyeberang ke Kapernaum karena hari sudah gelap. Karena hari sudah gelap Yesus belum juga datang bersama mereka, sementara itu laut bergelora karena angin kencang. Sesudah mereka mendayung kira-kira tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Mereka pun menjadi ketakutan. Yesus pun berkata kepada mereka:”Aku ini, jangan takut”.

Yesus berjalan di atas air.
Inspirasi Injil Yohanes hari antara lain mau mengatakan bahwa kehadiran Yesus itu memberikan keselamatan, bukan sebaliknya. Dalam karya-karya Yesus, kehadiran Yesus selain menyembuhkan banyak orang, tetapi juga menyelamatkan. Namun dalam kegalauan hati manusia, terkadang kehadiran Tuhan yang menyelamatkan tidak nampak, bahkan mungkin malah menimbulkan ketakutan.

“Jangan takut” sebagaimana disampaikan oleh Yesus hari ini harus dipahami bahwa kehadiran Tuhan itu menyelamatkan, terkadang itu pertolongan Tuhan itu tidak kita ketahui sama sekali. Banyak sekali dalam perjalanan hidup ini, Tuhan selalu memberikan pertolongan kepada kita. Cuma kita sering tidak menyadari. Oleh karena itu, hidup penuh syukur harus sering kita utarakan kepada Tuhan, betapa Tuhan itu selalu berbelas kasih kepada kita.

Dengan demikian, “Jangan takut”, bukan pepesan kosong, karena selalu mengandung harapan, bahwa pertolongan Tuhan pasti datang, yang terkadang itu jauh jangkauan pikiran kita. Karena bagaimana pun hati sedih, hati yang galau, sering tidak melihat pertolongan Tuhan itu telah datang.

Demikianlah refleksi singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan