translation services

Renungan Kuasa Doa hari ini diambil dari bacaan Yohanes 3:1-8 dengan judul:”Lahir kembali”. Injil Yohanes hari ini mengisahkan Nikodemus seorang pemimpin agama Yahudi. Malam-malam ia datang kepada Yesus dan bertanya jawab, katanya:” Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya”. Jawab Yesus:” Sesungguhnya, jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah”. Kata Nikodemus kepada-Nya:” Bagaimana mungkin seorang yang sudah tua bisa dilahirkan kembali? Dapatkah ia masuk ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan?”. Jawab Yesus:”Sesungguhnya, jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging adalah daging, dan apa yang yang dilahirkan dari Roh adalah roh”.

Dialog Yesus dan Nikodemus
Apa yang dimaksud dengan dilahirkan kembali? Inspirasi dari “lahir kembali” antara lain adalah perubahan yang benar-benar radikal dalam artian hidup sesuai dengan kehendak Allah. Dan ini terjadi karena anugerah Allah dan kuasa Allah. Sedangkan Nikodemus mengartikan lahir kembali secara harafiah yaitu lahir untuk kedua kalinya. Oleh karena itu dilahirkan kembali harus diartikan suatu sikap perubahan hidup yang radikal untuk memasuki Kerajaan Allah sebagai anak Allah demi kehidupan kekal. Perubahan itu tak mungkin dengan mengandalkan kepada kekuatan sendiri. Dibutuhkan anugerah Allah dan hanya melalui Yesus kita dapat dilahirkan kembali. Dengan cara ini, maka kita dilahirkan dari air dan Roh. Air dan Roh simbul kuasa Kristus yang membersihkan dosa-dosa kita dan memberikan kekuatan untuk hidup baru.

Dilahirkan kembali dapat terjadi kalau kita mengasihi Yesus dan membuka diri kepada-Nya sehingga kita mendapat pengampunan dosa dan dipersenjatai Roh Kudus untuk masuk kehidupan Allah sendiri. Oleh karena itu sebagai pengikut Kristus sudah seharusnya kita memusatkan kehidupan kita pada Yesus, dan Injil-Nya sebagai sumber inspirasi dan pegangan hidup kita.

Itulah sedikit makna tentang “lahir kembali”, semoga bermanfaat renungan Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Tinggalkan Balasan